Dorong Kemajuan UMKM

Foto : IST

KPP Pratama Curup Gelar BDS

CURUP, Bengkulu Ekspress – KPP Pratama Curup terus menunjukkan komitmennya untuk mengembangkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di wilayah kerjanya. Salah satunya dengan menggelar kegiatan Business Development Services (BDS).

Dalam melaksanakan kegiatan dengan tema ‘Ayo Kembangkan Bisnismu’ KPP Pratama Curup menggandeng BRI Cabang Curup. Dimana kegiatan yang dilaksanakan di halaman Kantor BRI Cabang Curup Senin (26/11) kemarin, pesertanya adalah pelaku UMKM yang sekaligus agen laku pandai Bank BRI atau dikenal dengan agen BRILink.

Plt Kepala KPP Pratama Curup, Mawad Sri Basoeki melalui Kepala Seksi Ekstensifikasi dan Penyuluhan, Moh Makhfal Nasirudin, SE MA menjelaskan, kegiatan BDS yang mereka laksanakan kemarin merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh KPP Pratama Curup.

“Kegiatan ini rutin kita laksanakan setiap tahunnya, bahkan untuk tahun ini sudah dua kali kita laksanakan,” sampai Makhfal.

Dalam setiap kegiatan BDS, menurut Makhfal pihaknya selalu menghadirkan pelaku UMKM yang telah berhasil menjalankan bisnisnya sebagai pembicara. Kehadiran pelaku UMKM tersebut diharapkan bisa memotivasi para pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Rejang Lebong, Lebong dan Kepahiang untuk memajukan usahanya.”Kali ini yang kita hadirkan adalah Pak Sodikin dari komunitas UMKM sahabat pajak yang sukses dengan Bakso Sodiq di Tanggerang,” sampainya.

Dengan adanya kegiatan tersebut, Makhfal berharap agar pelaku UMKM khususnya agen BRILink di Kabupaten Rejang Lebong terus berkembang dan maju. Dengan majunya para pelaku UMKM tersebut, Makhfal berharap bisa meningkatkan kontribusi dalam segi perpajakan.

Masih menurut Makhfal, kegiatan ini merupakan bukti perwujudan perjanjian kerja sama antara Kemeterian Keuangan, Kementerian BUMN dan Himbara yang telah ditandatangani beberapa waktu lalu di Jakarta. Pihak-pihak tersebut berkomitmen untuk memajukan UMKM yang ada agar dapat bergerak naik ke kelas yang lebih tinggi.



Lebih lanjut Makhfal menjelaskan untuk lebih maju, UMKM perlu mempersiapkan diri dengan mengikuti peraturan yang ada, salah satunya peraturan perpajakan, yang pertama adalah membuat NPWP. Setiap transaksi dengan instansi pemerintah, BUMN perlu NPWP, bahkan Bendahara Desa lebih memilih belanja di toko yang sudah punya NPWP. Kemudian UMKM perlu mulai memikirkan untuk membuat pembukuan, mulai dari yang paling sederhana, sehingga untung rugi usaha dapat diketahui dengan lebih mudah.

Sementara itu, Pimpinan Cabang BRI Curup, Teguh Rahadian mengungkapkan peserta kegiatan kemarin merupakan para Agen BRILink yang berasal dari 3 kabupaten yaitu Rejang Lebong, Lebong dan Kepahiang.Teguh berharap dengan adanya kegiatan yang mereka laksanakan bekerjasama dengan KPP Pratama Curup tersebut bisa meningkatkan kemampuan para agen BRILink sehingga usaha mereka akan semakin maju kedepannya.

“Terima kasih kami sampaikan kepada KPP Pratama Curup yang telah bekerjasama dengan kita untuk melaksanakan kegiatan ni,” sampai Teguh.

Dalam kesempatan tersebut, Teguh juga menyampaikan BRI Kanca Curup telah menyiapkan sejumlah doorprize agar para agen BRILink yang ada dibawah binaan BRI Kanca Curup semangat untuk menghadiri kegiatan tersebut. (251)