Dongkrak Wisatawan Mancanegara

RIO/BE
WONDERFULL BENGKULU: Warga mengunjungi spot wisata kekinian Taman Pasir Putih Pantai Panjang Kota Bengkulu, Sabtu (4/1).

Pemprov Terus Matangkan Persiapan Wonderfull 2020

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Event besar telah disiapakan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu dalam merealisasikan program besar Bengkulu wonderfull 2020. Setidaknya ada lima event besar yang akan digelar. Diantaranya, Festival Bumi Rafllesia, Festival Pesisir Pantai Panjang, Festival Tabut, Sport Tourism Of Bengcoolen dan Fort Malborough Coffe Jazz. Kepala Biro Administrasi Perekonomian dan Sumber Daya Alam (SDM) Setdaprov Bengkulu, Dr Anzori Tawakal ST MSi mengatakan, lima event yang sudah digodok ini akan mampu mendongkrak wisatawan asal mancanegara atau wisata luar negari. “Tentu target kita wisatawan luar negara bisa meningkat,” terang Anzori kepada BE, kemarin (5/1).

Dijelaskanya, optimis mendatangkan wisatawan dari luar negari itu, dari event yang bertarif nasional untuk digelar. Seperti event Fort Malborough Coffe Jazz itu, nantinya ada event pendukung besar internasional coffe day atau hari kopi dunia. Di event itu nantinya akan dikunjungi 26 duta negara besar sahabat. Lalu juga ada pelaku kopi asal beberbagai negara, barista kopi dan pelaku usaha kopi lainnya.

“Jelas akan banyak tamu dari luar negara. Karena ada 26 duta negara akan hadir,” tegasnya.

Bahkan dalam pelaksanaanya, pemprov bersama Kementerian Perdagangan telah menetapkan tanggalnya, yaitu pada 1 Oktober. Sebab, ditanggal itu merupakan moment tepatnya peringkatan hari kopi internasional dirayakan. “Ya untuk pelaksanaanya, sudah ditetapkan 1 Oktober,” tambah Anzori.

Dari pelaksanaan event yang sudah digelar pemprov, mayoritas masih didatangi wisatawan lokal dan segelintir wisatawan nasional. Menurut Anzori, hal tersebut tidak akan kembali terjadi pada tahun 2020 ini. Sebab, pada tahun-tahun sebelumnya itu masih masa belajar. “Tahun sebelumnya itu masih tahap belajar. Kita sudah susun strateginya tahun ini. Termasuk menggelar event perayaan kopi internasional,” tegasnya.

Apalagi, menurut Anzori, dari 5 event wonderfull Bengkulu yang digelar pemprov, sudah ada tiga event yang masuk calender off event nasional. Yaitu Festival Bumi Rafflesia, Festival Tabut, dan Festival Pesisir Pantai Panjang. “Ketiga event ini sudah masuk dari 100 pesona Indonesia, yang digelar oleh pemerintah pusat,” bebernya. Tidak hanya itu, selain lima event besar yang digelar pemprov, juga ada 10 event pendukung yang akan digelar di kabupaten/kota di Bengkulu.

Yaitu di Bengkulu Tenggah ada event festival trully rafflesia, di Kepahiang ada event Mountain velly festival, Mukomuko ada festival danau nibung, di Bengkulu Selatan ada festival ayik manna. Lalu di Bengkulu Utara ada Enggano Fiesta, di Kota Bengkulu ada festival kain besurek. Kemudian di Rejang Lebong ada flower garden festival, di Kaur ada festival gurita, di Seluma ada festival be balay dan di Lebong ada reverlaku festival. “10 event pendukung di kabupaten/kota akan mampu mewujudkan visi misi gubernur,” tambahnya.

Dampak dari event yang digelar itu, menuru Anzori, tentu akan mendongkrak ekonomi masyarakat. Tentunya dengan banyaknya penggungjung yang datang. Termasuk UMKM akan meningkat, ekonomi daerah juga akan bergerak untuk merangkak naik. “Jelas, dampak ekonomi Bengkulu akan bisa lebih maju,” tutup Anzori. (151)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*