Dongkrak Perekonomian dengan Budidaya Lele

6Program 100 Hari Helmi-Linda
BENGKULU, BE  – Dalam 100 hari pertama menjabat sebagai Walikota dan Wakil Walikota Bengkulu, Helmi Hasan dan Ir Patriana Sosialinda tidak hanya fokus pada penerangan lampu jalan, kebersihan kota, pembenahan infrastruktur.

Akan tetapi juga meendongkrak perekonomian masyarakat kota Bengkulu, khususnya dengan cara budidaya ikan lele.  Hal ini disampaikan Wakil Walikota Bengkulu, Ir Patriana Sosialinda saat melakukan panen lele di sekretariat Kelompok Budidaya ikan lele Ridho Illahi di Jalan Enggano RT 03 RW 01 No 8, Kelurahan Pasar Bengkulu, Rabu (23/1) kemarin.

Dalam kesempatan itu, Wakil Walikota mengajak masyarakat agar tetap mandiri dalam mengembangkan usaha perikanan maupun pertanian yang sesuai dengan kondisi wilayahnya. Hal ini dirasakan penting untuk membantu meningkatkan perekonomian warga menuju masyarakat kota yang makmur dan sejahtera.

“Kita perlu mengenali potensi daerah kita, agar sinergi antara bidang dan potensi yang dapat kita kembangkan.  Seperti budidaya ikan lele, merupakan salah satu cara untuk meningkatkan perekonomian dan saya sangat mengapresiasinya,” ujar Linda.

Mantan pimpinan DPRD Kota Bengkulu ini juga berharap agar warga Kota Bengkulu tetap memiliki semangat kemandirian dalam menjalankan usaha-usahanya.

Dan pemerintah kota pun siap memberikan bantuan kucuran dana melalui PNPM Mandiri dan ke depannya digelontorkan Rp 1 miliar per kelurahan.
“Ini merupakan program kami, maka dari itu kami sangat mensupport dan siap memberikan bantuan,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua BPMPKB Kota Bengkulu, Ir  Yennita Saiful  mengatakan banyak upaya yang berbasis kemasyarakat dengan memberikan stimulus pada kelompok masyarakat, salah satunya melalui budidaya kolam-kolam lele di pekarangan rumah.  “Ini merupakan bagian dari pemberdayaan masyarakat, melalui kerjasama dengan P2KP, BPMPKB dan LPM kami berdayakan masyarakat dalam bentuk budidaya ikan lele di pekarangan rumah warga,” sampainya.

Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih atas perhatian dan dukungan yang diberikan Pemerintah Kota Bengkulu.  Dan diharapkan ke depannya perokonomian masyarakat betul-betul meningkat, sehingga Kota Bengkulu bebas dari kemiskinan.

Di bagian lain, Perwakilan LPM Kelurahan Pasar Bengkulu,  Kasmedi mengungkapkan bentuk kerjasama yang dilakukan tersebut sangat berdampak kepada tingkat perekonomian warga.  Dan ia berharap bantuan yang dijanjikan Pemerintah kota dapat direalisasikan, sehingga tidak hanya budidaya ikan lele yang berkembang di kota Bengkulu, akan tetapi juga bermunculan Usaha Kecil Menengah (UKM) yang berbasis kerakyatan.

“Hal semacam ini sangat berarti bagi kami, kami mengharapkan ke depan kami difasilitasi tempat penetasan ikan lele, dan bantuan lainnya,” harapnya.(400)