Dol Bengkulu Meriahkan Pembukaan Asian Games

Dol Meriahkah Pembukaan Asian Games
Dol Meriahkah Pembukaan Asian Games

Bengkulu,Bengkuluekspress.com – Alat musik tradisional dol asal Bengkulu ikut memeriahkan pembukaan Asian Games di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Sabtu (18/8/2018) .

Dari pantauan Bengkuluekspress.com di salah satu stasiun televisi swasta Indonesia (SCTV), alat musik tradisonal dol tersebut dipadukan dengan alat musik tradisonal lainnya seperti gendang, yang mengiringi tarian tradisonal sebelum menghantarkan obor Asian Games dihidupkan.

Alat musik tradisional dol mengiringi kaldron atau obor raksasa Asian Games 2018 sebelum dinyalakan.

Prosesi penyalaan kaldron atau obor tersebut diawali oleh legenda loncat indah Indonesia Lanny Gumulya yang masuk ke arena membawa obor, lalu menyerahkannya ke peraih emas Karate di Asian Games 1998, Arief Taufan.

Dari Arief, obor diserahkan ke Yustedjo Tarik sang petenis legendaris Indonesia. Dan dari tangan Yustedjo, obor berpindah ke tangah Supriati Sutono yang merupakan mantan atlet lari Indonesia.

Supriati lantas menaiki ‘gunung berapi’ yang jadi settingan panggung saat pembukaan Asian Games. Gunung ini juga yang bertindak sebagai kaldron Asian Games 2018.

Supriati menyerahkan obor dari tangannya ke Susi Suanti, yang menjadi pembawa obor terakhir. Peraih medali emas Badminton Olimpiade 1992 ini lalu menyulut kaldron tersebut.

Kaldron Asian Games 2019 pun menyala diiringi sorakan penonton dan letupan meriah kembang api di sekeliling Stadion Utama Gelora Bung Karno.(HBN)