Dokter Cantik Beri Tips Perawatan Kesehatan Kucing di Masa Peralihan Musim

Drh Dewi Ratnasari

BENGKULU,BE- Masa peralihan musim kemarau ke musim hujan saat ini juga ikut mempengaruhi kesehatan dari hewan peliharaan seperti kucing. Di masa seperti sekarang ini kucing banyak terserang penyakit berbahaya.
Maka dari itu pemilik kucing haruslah giat melakukan pemeliharaan dan perawatan untuk kucing kesayangannya agar tetap sehat. “Di masa pancaroba seperti ini kucing haruslah dirawat dengan baik agar tidak tertular penyakit berbahaya seperti Calici, Panleu, Rhino. Ini adalah jenis virus yang menyerang pada kucing, ” ujar Drh Dewi Ratnasari, dokter hewan di Klinik An’am Satwa di Jalan Mangga Raya, Kelurahan Lingkar Timur Kota Bengkulu, Senin (26/10).
Penyakit Calici ini menyerang saluran pernafasan, mulut, pencernaan, otot dan tulang pada kucing. Gejala yang ditunjukan adalah hilang nafsu makan, luka pada lidah dan bibir, sulit bernafas, dan nafas bau.
Untuk Penyakit Panleu adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh dari kucing akibatnya nafsu makan kucing hilang, muntah-muntah, depresi dan lain-lain.

ilustrasi
Kucing piaraan

“Kalau penyakit Rhino biasanya disebabkan oleh virus yang menyerang saluran pernafasan pada kucing akibatnya kucing bisa bersin mendadak, hidung mengeluarkan cairan, demam dan lain-lain,” katanya.
Maka dari itu perlunya perawatan khusus untuk kucing yang sudah terlanjur tinfeksi virus, salah satunya dengan membawanya ke klinik perawatan hewan. Karena di klinik kucing akan di rawat dengan baik agar segera cepat membaik.
“Penanganan untuk kucing yang teridentifikasi terkena virus adalah dengan perawatan di ruangan khusus, bila perlu dilakukan infus pada kucing dan juga diberi vitamin tambahan agar kucing cepat sembuh,” tambah dokter cantik itu.
Agar kucing tidak terkena virus dan penyakit berbahaya lain maka kucing peliharaan haruslah dirawat dengan baik. Seperti memberi makanan yang sehat, memandikan kucing secara teratur dan membersihkan kandang kucing secara teratur juga.
Makanan yang sehat pada kucing tergantung pada pemilik kucing, bisa makanan yang di beli dari pet shop, bisa juga makanan yang sama dengan manusia makan, asalkan kebersihan makanannya terjaga.
Untuk kucing yang terlanjur sakit hendaknya segera di bawa ke klinik perawatan hewan. Karena dokter akan memberikan perawatan terbaik bagi kucing yang sakit dan juga ada makanan khusus dari dokter untuk pendukung agar kesehatan kucing segera membaik.
“Kalau ada kucing sakit yang datang ke Klinik An’am Satwa biasa kami beri makanan khusus, tambahan vitamin, agar kucingnya cepat sembuh, ” ujarnya menjelaskan.
Untuk perawatan memandikan kucing di rumah cukup seminggu sekali atau dua minggu sekali tergantung kondisi kucing. Tidak boleh terlalu sering dimandikan karena takutnya nanti akan merusak bulu-bulu pada kucing yang akan berujung pada kerontokan bulu. Hal lain yang ditakutkan akibat terlalu sering memandikan kucing adalah minyak alami pada kucing takutnya akan hilang.
Untuk vaksinasi pada kucing juga dilakukan mengikuti umur dan berat badan kucing. Semisal untuk vaksin penyakit rabies akan diberikan pada kucing pada umur kucing 6 bulan. Karena penyakit ini selain berbahaya pada kucing juga berbahaya pada manusia yang penulurannya bisa melalui gigitan dari kucing.
Lalu untuk perawatan kandang haruslah sesering mungkin untuk dibersihkan dengan air bersih dan sabun. Karena dengan kandang yang bersih kemungkinan kucing terkena penyakit juga akan lebih kecil. “Bila perlu gunakan disinfektan untuk kebersihan yang maksimal,” tutup Dewi. (Mg1)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*