DO, 7 Siswa SMK Gugur UNBK

Foto : Ist

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress– Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMK di Kabupaten Kaur pada hari pertama Senin (25/3) berjalan lancar. Namun sayang dari 398 peserta UNBK hari pertama itu hanya 391 siswa yang hadir, sedangan 7 siswa tidak mengikuti UNBK 2018 dikarenakan sudah menikah dan drop out (DO), dan secara otomatis para siswa tersebut dipastikan tidak lulus UNBK.

“Ya untuk peserta tidak hadir UNBK di hari pertama ini ada 7 siswa. 7 siswa itu berasal dari SMK 2, satu orang, SMK 4 lima orang dan SMK 6 satu orang, para siswa ini tidak hadir karena DO,” kata Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Kaur Drs H Agus Salim M Tpd kepada Bengkulu Ekspress kemarin (25/3).

Dikatakannya, dari para siswa yang tidak ikut UNBK itu tidak ikuti UNBK itu ada sudah menikah dini dan ada juga lainnya tidak jelas dikarenakan DO. Pihaknya sangat menyayangkan siswa yang tidak ikut UNBK itu. Dimana alam pelaksanakan UNBK yang dipusatkan di tujuh sekolah yakni SMK 1, SMK 3, SMK 4, SMK 5, SMK 6, SMK 2, MAN 2 itu yang diikuti 9 sekolah tingkat SMK, kendala utama dalam UNBK hari pertama dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia ini masalah listrik dan internet. Karena pemadaman listrik sempat terjadi breberapa menit, sehingga membuat komputer para peserta UNBK mengalami pemadaman dan mati total dan dapat diatasi dengan genset.



“Untuk kendala masalah listrik tapi pihak sekolah sudah menyiapkan genset, karena memang sebelumnya sudah kita siapkan, dan alhamdulillah untuk UNBK hari pertama ini lancar. Juga untuk siswa yang tidak hadir kita pastikan mereka gugur,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Cabang (Capdin) Wilayah 9 Bintuhan Jayadi Ruslan S Sos yang memantau langsung pelaksaan UNBK dibeberapa lokasi di SMK Kabupaten Kaur kemarin, (25/3). Ia Ia menyampaikan pelaksanaan UNBK tingkat SMK di Kaur berjalan lancar, dan Jayadi juga mengingatkan agar para siswa bersemangat, cermat, berhati-hati dan percaya diri dalam menyelesaikan soal-soal UNBK. “Kita minta pada siswa tetap semangati. Juga jangan menganggap remeh UNBK ini dan tetap percaya diri, dan semoga pelaksanaan UNBK SMK ini hingga selesai nanti berjalan lancar,” harapnya.(618)