DMI Tingkatkan Kemakmuran Masjid

Masjid di Bintuhan Kaur
Masjid di Bintuhan Kaur

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress – Pengurus Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Kaur ditahun 2018 ini, telah menyiapkan berbagai program demi kemaslahatan umat Islam, terutama dalam memakmurkan masjid. Salah satunya dengan berfokus meningkatkan semangat dan minat masyarakat untuk salat berjamaah didalam masjid, khususnya warga di sekitar masjid.

“Di sini kita akan lebih fokus ke pelayanan kepada masyarakat berbentuk keumatan dan kemakmuran masjid,” kata Ketua DMI Kaur, Drs. Herli Suherli, kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (11/1).

Dikatakan Herli, ia mengajak semua pihak ormas Islam dan lapisan masyarakat untuk bersama-sama dengan DMI menyukseskan program memakmurkan masjid di Kabupaten Kaur ini. Sebab saat ini banyak masjid berdiri di setiap desa, namun warga untuk menjalankan salat di masjid masih sangat minim.

“Jangan dulu menambah bangunan masjid, tapi kita lebih baik fokus untuk meningkatkan semangat dan kualitas dari masjid-masjid yang sudah ada,” terangnya.

Lanjutnya, ia juga sering menyampaikan keprihatinan itu saat berceramah dan melakukan pembinaan ke kecamatan-kecamatan. Dimana kini orientasinya masih banyak bangunan masjid, namun kerap kali tidak memperhatikan kualitas masjid, apakah makmur atau tidak.

“Pembangunan masjid yang baru harus ditahan dulu. Masjid yang ada harus dimakmurkan,” ujarnya.

Ditambahkannya, memakmurkan masjid adalah masalah-masalah agama yang berhubungan dengan kesatuan umat Islam. Hal ini berdasarkan fakta bahwa Rasulullah Muhammad SAW membangun masjid sebelum membangun masyarakat madaniya. Untuk itu, ia mengajak semua pengurus masjid agar sama-sama mengajak warga memakmurkan masjid.

“Kita akan berupaya menghidupkan kembali berbagai aktivitas masyarakat di masjid, khususnya di setiap masjid besar di kecamatan,” jelasnya. (618)