DLH Layani Pemangkasan Pohon Rimbun

IST/BE
Petugas DLH saat melakukan pemangkasan pohon yang sudah tua.

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bengkulu, saat ini gencar melakukan pemangkasan pohon disepanjang jalan protokol. Hal ini sebagai antisip,asi terhadap pohon-pohon tua yang sudah rawan tumbang.

“Di sepanjang jalur protokol sudah kita pangkas dan dirapikan, selain menjaga keindahan juga antisipasi jika tumbang,” ujar Kepala DLH Kota Bengkulu Syarnubi kemarin (7/6).

Diketahui saat ini DLH sudah dilengkapi dengan fasilitas lebih memadai dari sebelumnya, terutama mobil crane yang mampu menjangkau lebih tinggi untuk memangkas pohon. Selain itu ia juga memperhatikan beberapa pepohonan tua di area wisata dan ruang publik, sebab pohon yang sudah besar memilili beban diatasnya yang kerap tumbang tiba-tiba, selain itu bisa membahayakan kabel listrik yang bisa putus akibat ditimpa dahan pohon.

“Beberapa di kawasan pantai juga menjadi perhatian kami untuk dipangkas mana yang sudah mati dan keropos,” ungkapnya.

Selain itu, DLH juga menerima laporan dari masyarakat yang meminta bantuan untuk pemangkasan pohon baik dipemukiman padat atau tempat lainnya yang selama ini tidak terpantau oleh petugas DLH.

“Apabila ada permintaan warga untuk melakukan pemangkasan pohon kami akan selalu siap membantu. Kita melakukan pemangkasan bukan penebangan kalau penebangan habis takutnya nanti bisa merusak ekosistem lingkungan,” kata Syarnubi. (805)