DLH Kota Siapkan Kontainer Khusus untuk Limbah Masker

FOTO IMAN/ BE – Wakil Walikota Bengkulu, Dedy Wahyudi.

BENGKULU, bengkukuekspress.com – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bengkulu telah menyediakan kontainer khusus untuk menampung limbah masker yang ada di Kota Bengkulu. Seluruh pihak terutama rumah sakit, perkantoran dan lain-lain diminta menyediakan tempat sampah khusus limbah masker. Nantinya, limbah masker tersebut ditampung di kontainer yang ada di kantor DLH Kota untuk dimusnahkan.

“Hal ini kita kerjasamakan dengan pihak-pihak penghasil limbah medis seperti rumah sakit namun yang melakukan pengolahan langsung dengan pihak ketiga yang memang pengelolaan limbah medis bukan di TPA kita. Kita untuk Kantor, memang di pemerintah itu diarahkan untuk menyiapkan satu penempatan khusus untuk sampah-sampah bekas seperti masker. Tapi sampai hari ini tidak ada yang membuang sampah di tempat-tempat yang sudah kita siapkan.

Pihaknya juga mengumumkan ke masyarakat luas bahwa Pemerintah Kota Bengkulu sudah menyiapkan lokasi-lokasi untuk penampungan sampah-sampah masker. Namun diharapkan sampah masker itu untuk bisa dikoyakkan terlebih dahulu agar tidak dimanfaatkan atau dipergunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab untuk dijual kembali.

Penyediaan kontainer khusus limbah masker tersebut bertujuan agar DLH bisa memusnahkannya sekaligus dan bukan untuk dimanfaatkan atau dilakukan recycling. Banyak. Masyarakat juga diminta untuk memisahkan sampah masker di lingkungan rumah tangga agar lebih mudah bagi petugas untuk memisahkannya. (Imn)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*