DLH Kaur Belum Cek Air Limbah Tambak

KOLAM: Kondisi kolam IPAL PT DPP yang di-Sidak anggota DPRD Kaur beberapa hari lalu dan belum dicek oleh pihak DLH Kaur.

BINTUHAN, bengkuluekspress.com – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kaur hingga Kamis (18/2), belum melakukan pengecekan sample air Intalasi Pembuangan Limbah (IPAL) milik PT Dua Putra Perkasa Pratama (DPP) pasca dilakukan Sidak oleh DPRD Kaur pada Senin (15/2). Menurut DLH pihaknya tidak menerima sample serta surat resmi dari DPRD Kaur untuk dilakukan pengecekan berkaiatan dengan IPAL dari DPP sehingga tak melakukan uji sample.

“Untuk samplenya belum kita terima sehingga kita belum bisa melakukan pengurukan kadar air pH dari intasi limbah cair milik DPP,” kata Kepala DLH Kaur, Syahril SPd, Kamis (18/2).

Dikatakannya, pihaknya pada saat sidak ikut tim ke tambak udang yang dikeluhkan warga, namun tak ada perintah mengambil sample air. Sedangkan sample air yang diambil dipegang langsung oleh pihak DPRD Kaur dan belum diserahkan kepada laboratorium DLH. Padahal saat ini sudah ada peralatan mengukur pH dilaboratorium dan juga sudah ada petugas yang menangani langsung sehingga pengukuran bisa dilakukan instan.

“Kalau diserahkan kepada kami tentu akan kami ukur, apalagi disampaikan secara tertulis oleh DPRD Kaur, mungkin saja DPRD Kaur mengkur secara mandiri,” ujar Syahril.

Sementara itu Ketua DPRD Kaur Diana Tulaini, ketika dikonfirmasi terkait hal ini mengaku sampai kemarin hasil pengukuran limbah belum diterimanya. Namun saat diinformasikan terkait dengan DLH belum menerima sample dirinya sedikit terkejut dan mengaku akan memanggil pihak DPP terkait limbah tersebut.

“Nanti hari Senin kita DPRD akan ada menjadwalkan hering dengan DLH dan pihak DPP sekalian dengan data-data hasil limbah,” tandasnya. (618)