DKPP Salurkan Alat Pengasapan Ikan

BANTUAN: Kabid Perikanan Budidaya DKPP Kabupaten Benteng, Nurkholis menyerahkan bantuan alat pengasapan ikan kepda warga.
BANTUAN: Kabid Perikanan Budidaya DKPP Kabupaten Benteng, Nurkholis menyerahkan bantuan alat pengasapan ikan kepda warga.

BENTENG, Bengkulu Ekspress – Berbagai upaya dilakukan Dinas Ketahanan Pangan dan perikanan (DKPP) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) untuk mengolah ikan. Salah satunya adalah dengan menyalurkan alat pengasapan ikan ke sejumlah unit pembenihan rakyat (UPR) yang membutuhkan.

“Sampai saat ini, kami baru menyalurkan 1 unit alat pengasapan ikan kepada UPR Maju Makmur yang berlokasi di Desa Air Sebakul Kecamatan Talang Empat. Sekali beroperasi, alat ini bisa melakukan pengasapan 50 ekor ikan lele,” ungkap Kepala DKPP Kabupaten Benteng, Drs H Rachmat Rianto ST melalui Kabid Perikanan Budidaya, Nurkholis SSTPI MSi, kemarin (28/9).

Dikatakan Nurkholis, pemberian alat pengasapan ini setelah mendapatkan laporan dari masyarakat yang mengalami kesulitan dalam memasarkan hasil budidaya ikan lele mereka. Terlebih lagi ikan lele sudah berukuran besar sehingga membutuhkan konsumsi makanan yang tidak sedikit.

“Disamping melakukan pembinaan terhadap proses budidaya, kami juga bertugas untuk membantu proses pemasarannya,” tambahnya.

Mantan Pendapatan Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Benteng ini mengungkapkan, saat ini terdapat sebanyak 3 (tiga) UPR yang berada di bawah pembinaan DKPP Kabupaten Benteng. Yakni, UPR di Desa Air Sebakul, Desa Pekan Jumat dan Desa Taba Pasemah Kecamatan Talang Empat.

“Alat pengasapan ikan yang telah disalurkan merupakan pengadaan tahun 2014 lalu. Karena mengalami kerusakan dan tidak bisa lagi dimanfaatkan oleh UPR, alat tersebut kami perbaiki dan kembali disalurkan kepada kelompok yang membutuhkan. Saat ini, masih ada 1 unit alat pengasapan yang mengalami kerusakan dan akan segera diperbaiki untuk disalurkan,” tandasnya.(135)