DKPP Gelar Rakor Ketahanan Pangan

KETAHANAN PANGAN : Bupati Benteng, Dr H Ferry Ramli SH MH foto bersama narasumber usai Rakor Ketahanan Pangan, kemarin (20/11).

BENTENG, Bengkulu EkspressĀ – Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) menggelar acara rapat koordinasi dewan ketahanan pangan Kabupaten Benteng, di aula Riung Gunung, Rabu (20/11) kemarin.

Acara dibuka langsung oleh Bupati Benteng, Dr H Ferry Ramli SH MH. Hadir dalam acara tersebut, Asisten II Setda Pemkab Benteng, penyuluh pedamping kecamatan (PPK), seluruh Camat, BPTP Bengkulu, Bulog, MUI, KTNA, Perhiptani.

DKPP juga menghadirkan sejumlah narasumber, yaitu, Kepala DKPP Provinsi Bengkulu, Kepala BPS Benteng dan Kepala DKPP Benteng Kepala DKPP Benteng, Dra Hj N Yuhannah MM mengatakan, rakor dewan ketahanan pangan bertujuan untuk menampung seluruh permasalahan atau kendala yang berkaitan dengan ketahanan pangan di Kabupaten Benteng.

Rakor juga bertujuan untuk menyamakan persepsi dan langkah dalam percepatan penyelenggaraan program dan kegiatan ketahanan pangan 2020 antara Pemerintah Pusat, Provinsi dan Pemerintah Kabupaten Benteng.

“Dengan adanya rakor ini, muncul program dan kebijakan-kebijakan strategis yang bisa memperkuat ketahanan pangan di Kabupaten Benteng,” jelas Yuhannah.

Mewujudkan hal itu, kata Yuhannah, sejumlah OPD teknis mesti bertanggung jawab dalam menjamin penyediaan lahan pertanian sebagai sumber pekerjaan dan penghidupan layak bagi masyarakat.



Diantaranya, perbaikan dan pembangunan jaringan irigasi serta jalan usaha tani oleh Dinas PUPR dan Dinas Pertanian, penyediaan benih, pupuk, pestisida dan alsintan serta peningkatan peran penyuluh pertanian.

“Perlu adanya koordinasi dengan pemerintah provinsi dan pusat untuk memperkuat sinergisitas program-program daerah. Sehingga, produksi pertanian pangan dapat ditingkatkan. Hal ini juga akan berdampak bagi kesejahteraan masyarakat,” demikian Yuhannah.(135/krn)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*