DKPP Benteng Pantau 12 KWT Penerima Bantuan P2L

BENTENG,bengkuluekspress.com – Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) melakukan pemantauan terhadap aktivitas 12 kelompok wanita tani (KWT).
Kepala DKPP Benteng, Dra Hj N Yuhannah MM mengatakan, monitoring dan evaluasi terhadap 12 KWT merupakan salah satu kewenangan DKPP agar KWT benar-benar memanfaatkan bantuan dana alokasi khusus (DAK) non fisik tahun 2021.

Ditambahkan Yuhannah, setiap kelompok nantinya akan menerima dana bantuan dengan total senilai Rp 60 juta.
“Dana bantuan disalurkan bertahap, sebanyak 3 kali. Dana P2L tahap I sudah disalurkan ke rekening masing-masing kelompok (senilai 30 persen),” ungkap Yuhannah.

Sesuai petunjuk, dana tahap awal digunakan untuk pembuatan bibit dan demplot, pengadaa benih, pupuk serta sarana produksi tahap awal.
“Kunjungan ke KWT penerima bantuan akan dilakukan hingga minggu depan. Hasil pemantauan, Alhamdulillah dana tahap I sudah direaliasikan sesuai RKA. Untuk penyaluran dana tahap selanjutnya tergantung pada realisasi dan pelaporan tahap I,” jelasnya.

Diketahui, penetapan KWT penerima bantuan P2L tak bisa sembarangan. Ada beberapa persyaratan dalam penentuan penerima bantuan. Yaitu, desa yang masuk kategori rawan pangan dan desa kurang gizi. Tujuan dari penyaluran bantuan P2L ialah untuk perbaikan gizi masyarakat.
“Bantuan yang disalurkan diharapkan mampu berkembang dan menjadi sumber penghasilan bagi anggota KWT secara berkesinambungan,” tandasnya.(135)

 

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*