DKP Siapkan Rp 100 Juta

foto;ist

CURUP, Bengkulu Ekspress- Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Rejang Lebong kembali melanjutkan program ketahanan pangan dengan pemanfaatan pekaranga di Kabupaten Rejang Lebong. Dalam melaksanakan program tersebut ditahun 2019 ini DKP telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 100 juta.

“Untuk program pemanfaatan pekarangan, tahun ini kita siapkan Rp 100 juta dari APBD Rejang Lebong,” sampai Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Rejang Lebong Solahudin.

Dijelaskan Solahudin, anggaran sebesar Rp 100 juta tersebut nantinya akan mereka realisasikan kepada dua Kelompok Wanita Tani (KWT) yang ada di Kabupaten Rejang Lebong. Dengan anggaran sekitar Rp 50 juta setiap kelompoknya, nantinya akan digunakan untuk pengadaan mulai dari bibit sayuran yang akan ditanam dipekarangan rumah masing-masing KWT hingga pengadaan bibit ayam kampung untuk dikembangkan anggota KWT dirumah masing-masing.



“Dari anggaran tersebut, nantinya KWT akan kita berikan bantuan baik bibit tanaman sayuran dan perlengkapannya hingga bibit ayam kampung, sepeti yang kita lakukan tahun sebelumnya,” papar Solahudin.

Selain menyiapkan anggaran sebesar Rp 100 juta dari APBD Kabupaten Rejang Lebong tahun 2019 untuk program ketahanan pangan di Kabupaten Rejang Lebong. Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Rejang Lebong juga telah mengusulkan anggaran serupa ke Provinsi Bengkulu. Dimana menurutnya ada 10 KWT di Rejang Lebong yang mereka usulkan untuk mendapat bantuan dari Provinsi Bengkulu, hanya saja hingga kemarin pihaknya belum mengetahui berapa KWT yang usulannya diterima oleh Pemerintah Provinsi Bengkulu.

Solahudin berharap, dengan adanya program ketahanan pangan melalui KWT yang ada di Kabupaten Rejang Lebong ia berharap bisa meningkatkan perekonomian warga. Karena dengan program ketahanan pangan dengan memanfaatkan pekarangan, maka anggota KWT bisa mengirit uang belanja, karena untuk memenuhi kebutuhan sayuran sehari-hari mereka bisa memetik sendiri tanpa harus membeli, sehingga uang yang seharusnya mereka gunakan untuk membeli sayuran bisa dialihkan untuk keperluan lain. “Selain itu, dengan adanya bantuan bibit ayam kampung, selain untuk memenuhi konsumsi daging keluarga, mereka juga bisa mendapat penghasilan tambahan dari menjual ayam bila nanti sudah dikembangkan,” terang Solahudin.

Disisi lain, Solahudin menjelaskan, program ketahanan pangan melalui pemanfaatan pekarangan melalui KWT yang dilakukan oleh DKP Kabupaten Rejang Lebong dari tahun 2018 lalu. Dimana pada tahun 2017 lalu, sejumlah KWT sudah mendapatkan bantuan tersebut, beberapa KWT yang sudah mendapat bantuan pemanfaatan pekarangan tersebut seperti KWT Rimbo Recap di Kecamatan Curup Selatan, KWT Desa Kampung Delima di Kecamatan Curup Timur, dan KWT Desa Seguring di Kecamatan Curup Utara.(251)