DKP Salurkan 25 Unit Kapal

Foto : IST

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Bengkulu akan melakukan pengadaan 25 unit kapal mini untuk para nelayan. Kapal ini nantinya juga disandingkan dengan pengalihan dari ala tangkap trawl ke alat tangkap ramah lingkungan.

“Kita akan ganti kapal yang tadinya melanggar aturan menjadi kapal bagan mini itu akan kita salurkan bantuannya. Untuk pertama sekitar 25 unit dulu,” ujar Kepala DKP kota, Syafriandi ST MT, kemarin (10/9).

Ia menargetkan akan ada 1001 kapal bagan mini yang bisa disalurkan ke para nelayan se-Kota Bengkulu. Sehingga, secara perlahan mengurangi penggunaan kapal besar yang umumnya menggunakan alat tangkap trawl.”Kita menginginkan tidak ada lagi pemakaian alat tangkap yang tidak ramah lingkungan, maka dari itu kita bekerjasama dengan Unib dan universitas lainnya dan terus mengkaji seperti apa alat tangkap ramah lingkungan tersebut,” jelasnya.

Dalam proses pengalihan alat tangkap tersebut, pihaknya juga akan melakukan beberapa langkah lainnya, seperti membuat jaring apung di Pulau Tikus, kemudian membuat fish apartement di beberapa titik. Hal ini untuk menjaga dan memastikan ketersediaan ikan di laut tetap melimpah, sehingga para nelayan tradisional bisa meningkatkan hasil tangkapannya tanpa dikhawatirkan lagi dengan alat tangkap trawl. “Kita ajukan anggaran sekitar Rp 30 miliar di APBD 2020, insya Allah program ini bisa memajukan para nelayan di Kota Bengkulu,” pungkasnya. (805)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*