DKP Optimalkan KRPL

Kepala DKP Kaur, Wariman SE MM

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress – Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Kaur terus mengoptimalkan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) di daerah tersebut. Saat ini, terdapat 15 KRPL yang aktif dan terus dibina untuk mendorong kemandirian keluarga dibidang ketahanan pangan.

“Untuk mempertahankan keberadaan KRPL yang ada di bawah binaan, kita telah melakukan berbagai upaya pendampingan dan pembinaan. Salah satu bentuknya dengan memberikan bantuan kepada kelompok ini,” kata Kepala DKP Kaur, Wariman SE MM, kemarin (2/6).

Dikatakan Wariman, sebelumnya pihaknya telah memberikan bantuan pemerintah kegiatan optimalisasi pemanfaatan lahan pekarangan melalui KRPL tahun 2019 kepada 15 KWT (Kelompok Wanita Tani) di wilayah Kaur. Dimana masing-masing KWT mendapat bantuan dana sebesar Rp 65 juta per KWT dari dana APBN 2019. Penggunaanya ialah untuk menyukseskan program KRPL seperti kebun bibit, menanam sayur mayur, belanja unggas untuk di pelihara oleh kelompok hingga operasional.

“Dana dari pusat itu telah di transfer langsung ke rekening tiap kelompok, dan kita minta kepada kelompok agar mengunaan uang itu sesuai petunjuk dan jangan sampai salah belanjakan,” terangnya.

Ditambahkannya, program KRPL ini diharapkan menjadi suplayer sayur mayur ke pasar. Jika tidak bisa untuk itu, minimal untuk konsumsi sehari-hari demi ketersediaan pangan keluarga, juga hasil KRPL tersebut sudah dirasakan manfaatnya. Selain untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari, beberapa kelompok tani bisa menghasilkan keuntungan dari menjual hasil KRPL.

“Disini kita terus berupaya mengoptimalkan kepada kelompok ini dalam mengembangkan bantuan ini, dan jangan sampai nanti tidak ada hasil dan sia-sia saja. Kita berharap pemanfaatan pekarangan untuk KRPL ini mendapat apresiasi yang baik di masyarakat sebagai upaya percepatan kesejahteraan masyarakat atau keluarga,” jelas Wariman.(618)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*