DKP Kota Bengkulu Ajukan Anggaran Rp 42 M untuk Hal Ini

Syafriandi

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Jelang tahun anggaran 2020, Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Bengkulu, mengajukan 4 program kerja, termasuk didalamnya revitalisasi Pulau Tikus. Untuk 4 program tersebut, Kepala Dinas DKP Kota, Syafriandi mengatakan, pihaknya mengajukan proposal dana anggaran sejumlah Rp 42 miliar.

Dana anggaran sejumlah Rp 42 miliar itu, dikatakan Syafriandi setengahnya akan digunakan untuk revitalisasi Pulau Tikus.

“Kita ajukan 4 program, yaitu revitalisasi pulau tikus, program seribu ikan, 1001 kapal, dan sarana prasarana nelayan, dengan total anggaran Rp 42 miliar. Itu rinciannnya untuk revitalisasi Rp 21 miliar, untuk kapal Rp 7,5 miliar, dan untuk membangun jetty¬† Rp 4,5 miliar,” ungkap Syafriandi saat ditemui Kamis siang (14/11/19).

Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa pembangunan jembatan jetty atau tempat bersandarnya kapal itu termasuk dalam revitalisasi Pulau Tikus. Dimana nantinya akan dibangun 1 buah jetty di Pulau Tikus, sementara 1 jetty lainnya yang saat ini sudah ada di Pondok Besi akan direnovasi dengan penambahan panjang mengarah ke laut.

“Hasil feasibility study kita tahun ini dengan tim dari Unib, jetty yang sudah ada harus ditambah panjangnya 18 meter ke arah laut, sehingga ketika ada pasang surut jetty tetap bengfungsi,” jelas Syafriandi.

Disisi lain, untuk program sejuta ikan, Syafriandi mengatakan, jika program ini mendapat dukungan penuh. Pihaknya yakin pada tahun 2020 mendatang, hasil ikan nelayan Bengkulu dapat menekan tendensi ikan dari daerah lain, seperti dari Padang dan Linggau.(ibe)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*