DKP dan Pos AL Awasi Trawl

2. Dok/Bengkulu Ekspress

SELUMA SELATAN, Bengkulu Ekspress– Walaupun di perairan laut Seluma, saat ini belum ditemukan adanya kapal trawl beroperasi. Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Seluma, telah mengantisipasi bila kapal trwal beraksi. Dengan menjalin kerjasama dengan Pos TNI Angkatan Laut, yang bermarkas di Desa Pasar Seluma, Kecamatan Seluma Selatan.

“Kalau saat ini memang belum ada kita temui kapal trawl beroperasi di perairan laut kita. Akan tetapi kita tidak mau kecolongan. Kita telah bekerjasama dengan Pos AL yang ada di Desa Pasar Seluma, untuk ikut membantu melakukan pengawasan ini,” jelas Kadis Perikanan Seluma, Emzaili Hambali SPd kepada Bengkulu Ekspress kemarin (15/3).

Lanjutnya, untuk memaksimalkan pengawasan perairan laut Seluma tersebut oleh Pos AL Seluma. Dinas Perikanan telah menyerahkan satu unit perahu karet, yang telah diserahkan dan disimpan di Pos AL Desa Pasar Seluma. “Selain itu, dari kita pun terus melakukan pemantauan dan pengawasan terhadap keberadaan Kapal Trawl ini. Kita tidak akan lengah untuk berhenti mengawasi,” imbuh Emzaili.

Dalam melakukan pengawasan Kapal Trawl ini, pihaknya juga bekerjasama dengan semua nelayan Seluma, untuk ikut melakukan pengawasan Kapal Trawl di perairan Seluma.”Nelayan juga telah kita imbau untuk ikut membantu melakukan pengawasan trawl ini. Terutama saat mereka melaut. Jika menemukan ada Kapal Trawl yang beroperasi untuk segera melapor, agar dapat ditindak tegas,” tutur Emzaili.

Kepada nelayan Seluma, Emzaili juga mengimbau tidak berbuat anarkis. Jika menemukan ada kapal trawl yang kedapatan beroperasi di perairan laut Seluma. Cukup dengan menginformasikan ke Dinas Perikanan yang nantinya disampaikan ke Pos AL untuk dilakukan penindakan.

“Ya, hindari tindakan anarkis. Jangan sampai terjadi bentrok yang memungkinkan timbulnya korban. Cukup lapor saja, kami dan TNI AL turun untuk melakukan penindakan,” pesan Emzaili. (333)