DKP Bakal Temui Pelindo untuk Bantu Rencana Revitalisasi Pulau Tikus

FOTO IMAN/ BE – Kepala Dinas DKP Kota Bengkulu, Syafriandi.

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Pengajuan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Bengkulu yang mengusulkan rencana revitalisasi Pulau Tikus diharapkan bisa terealisasi pada tahun depan. Program tersebut sebenarnya sudah diajukan ke Kementerian Kelautan dan Kementerian Perhubungan karena berkaitan dengan navigasi dan masih dalam proses. Sembari menunggu persetujuan, DKP dalam waktu dekat akan menemui pihak pelindo untuk membantu rencana tersebut.

“Ya kemarin pas hari kemerdekaan kita ke Pulau Tikus bersama Dinas Pariwisata sekaligus mengekspose Pulau Tikus untuk dipromosikan. Tentu saja hal itu untuk mendapat tanggap dari Kementerian. Nah nantinya kita bekerja sama dengan Pelindo, agar pasir hasil pengerukan alur dibuang ke Pulau Tikus untuk memperluas kembali area pulau dari 2,5 hektar dan saat ini hanya tersisa 0,5 hektar saja,” jelas Kepala Dinas DKP Kota Bengkulu, Syafriandi, Jumat (21/08).

Tambah Syafriandi, pasir hasil pengerukan alur kapal Pelindo selama ini hanya dibuang ke tengah laut. Nantinya jika pasir dibuang ke Pulau Tikus dapat mengembalikan daratan pulau dengan penambahan batu tahu sebagai penghadang agar mencegah abrasi.

Selain itu, beberapa kapal rongsok yang berserakan di sekitaran dermaga akan di rapikan dengan dibuang ke tengah laut di luar jalur lintas kapal. Hal tersebut dilakukan untuk menciptakan rumpon atau habitat ikan dan hewan laut lainnya untuk memudahkan nelayan mencari ikan dan juga spot mancing.

“Dari pada berserakan di sekitaran dermaga nanti kapal rongsok itu kita buang ke tengah laut agar menjadi rumpon. Nak jika ikannya berkumpul di sana nelayan tak usah susah jauh-jauh mencari ikan, itu juga sebagai upaya kita untuk meminimalisir bahaya seperti hilangnya nelayan seperti yang terjadi beberapa waktu lalu,” tutupnya. (Imn)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*