Ditundukkan Ajak, Man City Tersungkur

Juara Liga Inggris 2012, Manchester City harus mengakui tim tuan rumah.  Kendati sempat unggul terlebih dulu, Manchester City akhirnya ditundukkan 1-3 oleh Ajax Amsterdam pada matchdayke-3 Liga Champions di Amsterdam Arena, Rabu atau Kamis (25/10) dini hari WIB.

Hasil tersebut memaksa Man City  melorot ke dasar klasemen grup dengan mengantongi satu angka. Mereka digeser Ajax yang kini menduduki urutan ke-3 dengan nilai 3.

Pelatih Manchester City, Roberto Mancini, langsung menurunkan Edin Dzeko sebagai ujung tombak. Penampilan pemain berkebangsaan Bosnia tersebut membuat Mancini cukup puas karena Dzeko tampil maksimal.

Pertandingan baru berusia tujuh menit, Dzeko mampu melepaskan tembakan keras ke gawang lawan. Sayang, bola yang dilepaskan Dzeko gagal mengenai target.

“Manchester Biru” terus memberikan perlawanan bagi kubu tuan rumah. Usaha Vincent Company dan kawan-kawan pun tidak sia-sia setelah Samir Nasri merobek gawang Kenneth Vermeer pada menit ke-22.

Gol berawal dari penetrasi Micah Richards di sektor kanan. Dia kemudian mengirimkan bola kepada James Milner. Dengan cepat, Milner mengumpan bola kepada Nasri yang bergerak di sisi kiri. Nasri kemudian menyambut bola dan gol.

City semakin percaya diri. Sebuah pergerakan Aguero cukup mengancam pertahanan Ajax. Sayang, kerja keras penyerang Argentina itu belum membuahkan hasil setelah tembakannya membentur Toby Alderweireld.

Vermeer kembali membuat penyelamatan gemilang saat memblok bola tembakan Richards pada menit ke-29. Tujuh menit kemudian, kerja sama antara Nasri dan Milner nyaris melahirkan gol kedua, tetapi membentur Van Rhijn.

Pada menit-menit terakhir jelang turun minum, City lengah dan kecolongan. Siem De Jong mencetak gol balasan setelah memanfaatkan umpan Van Rhijn. Skor 1-1 bertahan hingga jeda.

City mendapatkan petaka pada babak kedua. Hanya dalam 25 menit di babak ini, Ajax dua kali membobol gawang Joe Hart.

Tim tuan rumah berbalik unggul berkat gol yang diciptakan Mosander pada menit ke-57. Berawal dari sepak pojok, Mosander menanduk bola dan Hart gagal mengantisipasinya.

Christian Eriksen memperbesar keunggulan bagi Ajax pada menit ke-68. Gol berawal dari usaha Lasse Schone mencuri bola dari Gareth Barry. Schone langsung mengirimkan umpan kepada Eriksen. Dengan cepat, Eriksen merangsek ke dalam kotak penalti dan melepaskan tendangan keras dengan kaki kirinya. Hart pun gagal membendung tembakan gelandang asal Denmark tersebut.

Tertinggal dua gol, Mancini memasukkan dua tambahan penyerang, yakni Carlos Tevez dan Mario Balotelli. Namun, strategi tersebut tak bisa menyelamatkan City dari kekalahan. Ajax pun menang dengan skor 3-1. (**)