Ditinggal ke Pasar, Rumah Terbakar

1 RIO-KEBAKARAN RUMAH TENGAH PADANG (3)
1. RIO/Bengkulu Ekspress
KEBAKARAN: Petugas Pemadam Kebakaran berupaya memadamkan api yang melahap sebuah rumah di Kelurahan Tengah Padang milik almarhum Busnan Imam, Kamis (23/8).

BENGKULU, Bengkulu Ekspress– Peristiwa kebakaran terjadi lagi. Kali ini kebakaran menimpa rumah milik Fitri, di RT 5 Jalan Iskandar 6 Kelurahan Tengah Padang, sekitar pukul 09.00 WIB, Kamis (22/8). Akibat kejadian itu, rumah milik Fitri ludes terbakar. Belum diketahui secara pasti apa penyebabnya, namun dugaan sementara api berasal dari korsleting listrik.

Karena saat kebakaran terjadi, pemilik rumah sedang pergi berbelanja ke pasar.

“Api terlihat pertama kali dari bagian atap belakang, saat itu saya langsung berteriak “Kebakaran-kebakaran” sehingga membuat warga lainnya turut membantu memadamkan api tersebut,” terang warga yang melihat api mulai membakar rumah Fitri, Abdullah kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (23/8).

Pada saat terjadi kebakaran kondisi rumah kosong. Fitri sedang ke pasar, tetapi anak Fitri sedang tidur di rumah itu. Beruntung tetangga sigap, anak Fitri yang masih berumur 4 tahun berhasil diselamatkan tanpa ada luka sedikitpun. “Kita mengetahui ada anaknya di dalam rumah itu lalu langsung mengeluarkannya. Untung saja api saat itu belum membesar,” bebernya.

Selang beberapa menit kemudian, ada petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bengkulu datang dan langsung mencoba memadamkan api yang sudah membakar bagian atap rumah Fitri tersebut. “Alhamdulillah, berkat Dinas Pemadam Kebakaran apai berhasil dijinakan, namun terkait penyebabnya apa, kita tidak tahu,” tuturnya.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelatan Kota Bengkulu, Saipul Apandi SSsos mengatakan, tim Damkar mendapat telepon atas informasi kebakaran tersebut pada pukul 09.00 WIB.

“Jam 09.00 WIB tadi kita baru dapat telepon dan langsung mengerahkan 4 armada Damkar lebih dulu. Karena apinya cukup besar kita menurunkan 12 armada dan 75 personil. Api ini berasal dari belakang rumah. Untungnya kita cepat lakukan upaya pemadaman hingga api tak sempat menjalar ke rumah di sekitarnya,” ungkapnya kepada Bengkulu Ekspress.

Ia mengatakan, beberapa barang isi rumah tersebut juga berhasil diselamatkan warga sekitar termasuk anak pemilik rumah. Sedangkan untuk kerugian bisa mencapai ratusan juta. “Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini dan itu sudah dilakukan pengecekan dan pemeriksaan, namun terkait penyebab, kita serahkan ke pihak kepolisian saja ya,” tutupnya.

Berdasarkan pantauan Bengkulu Ekspress, hingga api tersebut berhasil dipadamkan, pemilik rumah yakni Fitri masih shock dan belum bisa dimintai keterangan. Terlihat korban masih terus menangis dan pingsan mengetahui rumahnya ludes terbakar. Keadaan sekitar pun cukup mencekam. Teriakan histeris pemilik rumah Fitri yang masih belum menyangka atas kejadian itu terus terdengar. (529)