Ditembak, Uang Rp 100 Juta Dirampok

IMG-20130613-WA007CURUP, BE – Kawanan rampokan bersenjata api sekitar pukul 20.00 WIB, Kamis (13/06) beraksi di sawangan Desa Kayu Manis Kecamatan Sindang Kelingi. Hasan Basri (42) warga Kelurahan Timbul Rejo Kecamatan Curup yang berprofesi sebagai pedagang manisan menjadi korban perampokan. Korban menderita luka tembak 2 kali di lengan kanan dan dada kanan, serta kehilangan uang diduga berjumlah Rp 100 juta.
Hingga berita ini diturunkan, korban belum bisa memberikan keterangan karena masih menjalani perawatan medis di IGD RSUD Curup. Data terhimpun Bengkulu Ekspress, perampokan ini bermula saat korban Hasan Basri bersama 2 rekannya Nasrul dan Aan akan pulang ke Curup, usai memasuk kebutuhan warung manisan di Kecamatan Sindang Dataran.
Diperjalanan, korban dibuntuti mobil jenis Toyota Avanza warna Silver BA XXXX XX, serta sebuah kendaraan bermotor jenis Yamaha Vega yang ditunggangi 2 pelaku. Para pelaku mencoba menyalip kendaraan korban, namun korban menyadari gelat tidak baik dan mempercepat laju kendaraan.
Karena gagal menyalip mobil korban, salah seorang pelaku menembakkan senjata tajam ke arah ban mobil korban, hingga pecah dan berjalan lambat. Dijalan yang sepi dan menanjak, para pelaku berhasil menyalip mobil yang dikemudikan korban, 2 pelaku mengemudikan motor turun, serta seorang pelaku lain dari mobil Avanza.
Pelaku bersenjata api kemudian melumpuhkan Hasan Basri dengan tembakan, 2 rekan korban panik yang melarikan diri. Para pelaku kemudian sibuk mencari harga benda dan uang di dalam mobil korban, sementara korban yang menderita luka tembak menepi ke semak berupaya menyelamatkan diri. Hasan Basri bahkan sempat menggunakan handphon miliknya, untuk menghubungi polisi. Sayangnya, para pelaku telah melarikan diri sebelum polisi tiba di lokasi kejadian.
Pelaku meninggalkan motor Yamaha Vega di lokasi kejadian, diduga semua pelaku naik ke dalam mobil untuk melarikan diri setelah berhasil mengambil semua harta benda korbannya. Kapolres Rejang Lebong AKBP Edi Suroso, SH melalui Kapolsek Sindang Kelingi Iptu Sumardi membenarkan kejadian tersebut. “Kita telah melakukan indentifikasi di lokasi kejadian, dan mengamankan kendaraan korban dan sebuah motor yang diduga milik pelaku,” ungkap Kapolsek.
Hingga saat ini polisi masih melakukan pengejaran terhadap para pelaku rampok bersenjata api yang telah melukai seorang korban tersebut. (999)