Ditahan Imbang Swansea, Chelsea Runner Up

Motivasi Chelsea untuk kembali memimpin klasemen Liga Inggris akhirnya kandas.  The Blues ditahan imbang oleh tuan rumah, Swansea City pada laga lanjutan Premier League di Stadion Liberty, Sabtu (3/11/2012).  Gol Pablo Hernandes di menit ke-88 membuyarkan harapan Chelsea untuk mendapatkan point penuh.  Chelsea sempat unggul melalui sundulan Moses di menit ke-61.

Meski bermain sebagai tamu, Chelsea terlihat lebih menguasai jalannya pertandingan pada menit-menit awal. Pada menit ke-12, Fernando Torres hampir membuka keunggulan timnya jika bola sundulannya tidak menyamping tipis di samping gawang Swansea.

Chelsea mendapat peluang lagi pada menit ke-26. Kerja sama Fernando Torres dengan Victor Moses sempat berbuah peluang. Sayang, tandukan pemain Spanyol itu hanya mendarat di tangan kiper Swansea. The Blues sempat agresif menyerang tapi tak ada yang berbahaya.

Namun, Swansea bukan tanpa serangan. Bahkan, skuad asuhan Michael Laudrup itu mampu menekan barisan pertahanan “The Blues” pada pertengahan babak pertama.

Salah satu peluang terbaik yang diperoleh Swansea didapatkan gelandang Ki Sung-Yueng pada menit ke-27. Akan tetapi, bola tendangan pemain asal Korea Selatan itu setelah menerima umpan Wayne Routledge masih dapat diblok Gary Cahill.

Memasuki menit-menit akhir babak pertama, Chelsea terus menekan tuan rumah. Akan tetapi, sejumlah peluang yang didapatkan Torres dan kawan-kawan belum dapat dikonversikan menjadi gol, sehingga skor 0-0 tidak berubah hingga turun minum.

Usai turun minum, Chelsea langsung tampil menyerang.  Gol Chelsea tercipta melalui Victor Moses di menit ke-61.  Berawal dari sepakan pojok, bola disundul dengan keras oleh Gary Cahill, lalu menerpa kepala Moses yang berada di depan gawang.  Sundulan Moses tersebut melambung menuju pojok kiri atas gawang Swansea City yang dijaga Gerhard Tremmel. Kedudukan menjadi 1-0 untuk Chelsea. Gol  ini merupakan gol pertama buat Moses sejak berseragam Chelsea musim panas lalu.

Ketinggalan, Swansea lebih lepas menyerang. Menit 70 dan 74, tuan rumah sempat membuat peluang lewat Jonathan De Guzman dan Nathan Dyer. Tapi bola masih bisa diselamatkan Petr Cech.

Terus mengurung pertahanan Chelsea, Swansea akhirnya berhasil menyamakan kedudukan dua menit jelang waktu normal usai. Sepakan Pablo Hernandez dari luar kotak penalti gagal dihalau Cech. Skor pun kembali imbang 1-1 yang bertahan sampai usai.

Dengah hasil ini Chelsea melorot ke peringkat dua klasemen sementara dengan 23 poin, kalah satu poin dari MU yang menang 2-1 atas Arsenal pada laga sebelumnya. Swansea sendiri masih tertahan di peringkat 11 dengan 12 poin. Posisi ini akan kembali berubah bila Manchester City mampu mengalahkan West Ham United, pada laga Minggu (4/11).

Pada laga lain, Tottenham Hotspur takluk di tangan Wigan Athletics dengan skor tipis 0-1. Sedangkan Norwich akhirnya kembali menang usai menaklukan Stoke 1-0.  Aston Villa juga menang dengan skor yang sama saat bertandang ke Sunderland. Partai Fulham melawan Everton berlangsung seru dan diwarnai empat gol, tapi kedua tim harus puas berbagi poin setelah hasil akhir imbang 2-2.(**)