Disubsidi Rp 18,6 M, 2 BUMD Mukomuko Terus Merugi?

Komisi I yang membidangi mengenai anggaran meminta Komisi II yang menaungi PT Mukomuko Maju Sejahtera (MMS) dan Komisi III yang menaungi PDAM Tirta Selagan agar  meminta laporan keuangan dari 2 perusahaan milik daerah tersebut.

Ketua Komisi I M Ali Syaftaini SE dan anggotanya Adrizon mengancam jika hal itu tidak dilakukan, maka pihaknya memastikan investasi ke dua BUMD tersebut  tidak akan dianggarkan lagi di tahun 2013. “ Bagaimana kami mau menganggarkan, jika laporan keuangannya  tidak jelas. Katanya merugi terus, untuk mengetahui hal itu harus ada pertanggung jawaban dan laporan keuangannya.”

Ditambahkan Ali, PT MMS sejak 2006 hingga 2012, sudah mendapat kucuran dana Rp 14,5 miliar. Namun hingga saat ini  belum ada kontribusi untuk daerah berupa  pendapatan asli daerah (PAD) dari perusahaan. PDAM Tirta Selagan dari tahun 2004 hingga 2007 lalu telah diplotkan sebesar Rp 4,1 miliar.  Anggaran tersebut belum termasuk hibah 2008 hingga tahun 2012. ”Hingga saat ini pendistribusian air bersih ke masyarakat tidak berjalan optimal,” ujarnya. (budi)