Distribusi Air Bersih Terhenti Total

Ilustrasi air bersih
Ilustrasi air bersih

MUKOMUKO, Bengkulu Ekspress – Distribusi air bersih, khususnya bagi ribuan pelanggan yang berada di wilayah Kecamatan Selagan Raya, Teras Terunjam dan Kota Mukomuko sejak beberapa pekan terakhir terhenti total. Pasalnya, pipa tranmisi air milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Selagan di Desa Lubuk Bangko Kecamatan Selagan Raya rusak, akibat diterjang banjir dan longsor tahun 2017 lalu masih dalam perbaikan.

“Saat ini tengah dalam perbaikan yang dilakukan pihak Balai Sungai Wilayah Sumatera (BSWS) VII Bengkulu. Diperkirakan butuh waktu sekitar satu bulan,”ungkap Direktur PDAM Tirta Selagan, Suryadi di konfirmasi Bengkulu Ekspress.

Perbaikan yang tengah dilakukan tersebut, setelah pihak BSWS VII Bengkulu melakukan survei ke lapangan untuk memastikan, apakah kerusakan pipa PDAM akibat banjir dan tanah longsor. Sebab, pihak balai memiliki tanggung jawab sepenuhnya terhadap keberadaan sungai yang ada di wilayah ini termasuk bangunan pipa PDAM Tirta Selagan.

“Harapan kita perbaikan lebih cepat selesai lebih baik. Sehingga pendistribusian air bersih untuk pelanggan di tiga wilayah kecamatan tersebut dapat kembali teraliri,”harapnya.

Suryadi menambahkan, akibat kerusakan pipa PDAM itu sekitar di 1.500 pelanggan terhenti total dan akan kembali diaktifkan setelah kerusakan selesai di perbaiki. (900)