Distan Siapkan Racun Tikus

RACUN TIKUS : Kabid Pertanian Distanbunak Kabupaten Benteng, Sahrul Lutfi menunjukkan stok racun tikus yang siap disalurkan kepada petani yang membutuhkan.
RACUN TIKUS : Kabid Pertanian Distanbunak Kabupaten Benteng, Sahrul Lutfi menunjukkan stok racun tikus yang siap disalurkan kepada petani yang membutuhkan.

BENTENG, Bengkulu Ekspress – Meningkatkan produksi pertanian, Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan (Distanbunak) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) saat ini telah menyiapkan racun pembasmi tikus. Baik tikus yang sering menyerang tanaman padi, jagung, kedelai maupun tanamanan hasil perkebunan lainnya.

“Mencegah terjadinya gagal panen yang disebabkan oleh serangan hama tikus, Pemerintah Daerah (Pemda) telah melakukan langkah antisipasi. Yakni menyiapkan racun pembasmi tikus,” ungkap Kabid Pertanian Distanbunak Kabupaten Benteng, Sahrul Lutfi, kepada Bengkulu Ekspress, Senin (29/1) kemarin.

Hasil pendataan yang dilakukan, sambung Sahrul, serangan hama tikus di Kabupaten Benteng hingga saat ini memang belum pernah dikategorikan sebagai kejadian luar biasa. Dimana, serangan tikus masih dalam jumlah yang sedikit dan tak terlalu berpengaruh.

“Meski belum ada serangan yang ganas, racun tikus tetap kami siapkan untuk memenuhi kebutuhan petani,” imbuhnya.

Membantu meningkatkan kesejahteraan petani, Sahrul menyampaikan, pihaknya akan mengerahkan seluruh penyuluh pertanian lapangan (PPL) serta penyuluh pertanian kecamatan (PPK) untuk melakukan pengawasan terhadap lahan pertanian petani.

“Jika ada keluhan, silahkan petani berkoordinasi ke PPK dan PPL masing-masing. Stok racun tikus selalu tersedia. Bahkan, sekalipun racun habis, kami akan kembali mengusulkan penambahan jumlah ke Dinas Pertanian Provinsi Bengkulu.(135)