Distan Lebih Selektif

Alat pertanian yang dalam waktu dekat akan dibagikan kepada warga seluma (2)
1. Jefryy/Bengkulu Ekspress- Alat pertanian yang dalam waktu dekat dibagikan kepada warga seluma

TAIS, Bengkulu Ekspress – Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Seluma, tak ingin gegabah dalam pemberian bantuan. Lebih selektif dalam membagikan bantuan alat pertanian. Meski dampaknya, saat ini di pelataran parkir kantor Distan sudah menumpuk sejumlah alat pertanian.

“Kita lebih selektif dalam pembagian alat pertanian ini kepada kelompok tani. Agustus ini alat pertanian yang ada dibagikan kepada kelompok tani,” ucap Kepala Dinas pertanian Kab Seluma, Marah Halim Sp Mp Msi melalui Sekretaris Ir Marven Siswanto didampingi Kepala Bidang Pertanian Joko MP kepada Bengkulu Ekspress  kemarin (27/8).

Alat pertanian itu, berupa Pompa Air 10 unit, Traktor 25 unit, Alat tanam padi 6 unit, Pompa Air kecil 5 unit dan Alat tanam jagung 16 unit.Saat ini handtraktor bantuan dititipkan di Kodim 0425/Seluma. Mengingat pelataran parkir dinas Pertanian tidak bisa digunakan untuk meletakkan alat pertanian itu.

Keseluruhan alat pertanian ini merupakan bantuan dari Pemerintah Provinsi Bbengkulu untuk Distan Kabupaten Seluma, guna menyukseskan operasi khusus (opsus) swasembada pangan.



“Secepatnya dibagikan namun beberapa diantaranya memang masih dalam tahap proses verifikasi secara mendalam,”imbuhnya.

Saat ini sebanyak 3unit traktor juga disiagakan untuk dipinjampakaikan kepada kelompok tani. Termasuk menyediakan tenaga operatornya. Petani hanya mengeluarkan upah untuk pembelian mintak dan mengganti oli yang ada di traktor sesudah dipergunakan.
“Kelompok tani yang ingin memakai terlebih dahulu harus mengusulkan surat pinjam pakai,” imbuhnya. (333)