Distan Benteng Siapkan 4 Ribu Dosis Vasin HPR

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Veteriner, Fadli SPt.

 

BENTENG, bengkuluekspress.com – Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) akan menyiapkan sebanyak 4 ribu dosis vaksin untuk hewan penular rabies (HPR).
Rinciannya, 2 ribu dosis bersumber dari dana anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Provinsi Bengkulu dan 2 ribu dosis vaksin berasal dari APBD Kabupaten Benteng tahun anggaran 2021.
“Tahun ini, ada 2 ribu dosis berasal dari APBD Provinsi. Selain itu, karena banyak permintaan dari masyarakat, juga dianggarkan sebanyak 2 ribu dosis dari APBD Benteng. Ini merupakan tahun pertama APBD Benteng menganggarkan vaksin HPR,” kata Kepala Distan Benteng, Drs Supawan Said, melalui Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Veteriner, Fadli SPt.

Dijelaskan Fadli, penyuntikan vaksin kepada HPR dianggap perlu agar dapat mengurangi resiko penularan rabies kepada manusia. Beberapa hewan yang ditetapkan sebagai HPR antara lain ialah anjing, kera, kucing, monyet dan musang.
“Bagi masyarakat yang memelihara hewan penular rabies, silahkan saja melapor agar bisa nantinya dapat disuntik,” tambahnya.
Secara teknis, aku Fadli, penyuntikan HPR dapat dilakukan setelah pihaknya mendapat permintaan dari masyarakat dan berkoordinasi dengan Pemerintah Desa (Pemdes) setempat terkait jadwal dan waktu pelaksanaan.
“Atas permintaan masyarakat, kami siap datang ke desa. Ditahun 2020 lalu, realisasi penyuntikan vaksin terhadap HPR sebanyak 2.600 dosis,” pungkasnya.(135)

 

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*