Distan Bagikan Kandang Jepit

Bakti/Bengkulu Ekspress Kabid Peternakan Distan Kabupaten Benteng, Desi Murdianti MSi menyerahkan kandang jepit untuk mendukung optimalisasi Upsus SIWAB, Sabtu (22/6).

BENTENG, Bengkulu Ekspress– Mendukung pengembangbiakan sapi, Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) memberikan fasilitas pendukung. Salah satunya adalah dengan membagikan kandang jepit kepada kelompok tani (Poktan) yang berada di Kabupaten Benteng.

“Perhatian kepada Poktan selalu menjadi prioritas kami. Kali ini, Distan Kabupaten Benteng memberikan kandang jepit,” kata Kabid Peternakan, Desi Murdianti MSi, kemarin (23/6).

Lebih lanjut, dijelaskan Desi, kandang jepit yang disalurkan ini sebanyak 10 unit untuk (tiga) kecamatan. Yakni, 5 Poktan di Kecamatan Talang Empat, 4 Poktan di Kecamatan Pondok Kelapa dan 1 Poktan di Kecamatan Pondok Kubang. “Bantuan disalurkan kepada Poktan yang telah menerima bantuan sapi beberapa waktu lalu. Hasil pantauan kami, sapi bantuan yang diberikan terus mengalami perkembangan,” imbuhnya.

Secara teknis, lanjut Desi, tujuan pemberian kandang jepit ini adalah untuk meningkatkan produksi da produktivitas ternak. Kandang jepit untuk mempermudah pengobatan serta pemberian inseminasi buatan. “Ini juga upaya untuk mendukung program nasional upaya khusus sapi indukan wajib bunting (Upsus SIWAB),” jelasnya.



Menurut Desi, pengawasan terhadap ternak di Kabupaten Benteng akan dilakukan secara rutin dan berkesinambungan sehingga semua kebutuhan daging sapi bisa terpenuhi. Baik untuk keperluan di Kabupaten Benteng ataupun untuk penyuplai ke daerah-daerah lain.

“Di setiap kesempatan, kami selalu mengingatkan kepada petani agar bisa memanfaatkan sapi bantuan secara baik dan bijak. Jangan dijual ataupun dipotong untuk keperluan pribadi,” tandasnya.(135)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*