Dispusip Gencarkan Perpustakaan Keliling


SERBU : Puluhan pelajar SD terlihat antusias meminjam buku yang dibawa mobil perpustakaan keliling milik Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Benteng.

BENTENG, Bengkulu Ekspress – Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispusip) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) terus menggencarkan program perpustakaan keliling. Dengan menggunakan 1 unit mobil yang telah didesain khusus, Dispusip terus melakukan patroli ke seluruh sekolah dasar (SD) di Kabupaten Benteng. Dispusip telah menyiapkan kurang lebih 500 buku bacaan yang siap dipinjamkan kepada pelajar.

“Perpustakaan keliling bertujuan untuk meningkatkan minat membaca pelajar. Dengan sering membaca, tentu saja akan menambah wawasan dan pengetahuan pelajar,” kata Kepala Dispusip Kabupaten Benteng, Dra Yulia Faridah MSi didampingi Kabid Deposit, Layanan, Pengembangan Koleksi dan Pelestarian, Yosi Eskamarina SSTP MSi, kemarin (28/8).

Dari ratusan buku yang dimiliki, beragam jenis buku telah disiapkan khusus untuk kalangan pelajar. Diantaranya, buku cerita rakyat, ilmu pengetahuan umum, buku sejarah serta beragam buku edukasi lainnya. Dengan ketersediaan anggaran yang dimiliki. Setiap bulan, Dispusip menjadwalkan untuk memberikan pelayanan di 6 SD dari berbagai kecamatan.



“Dari berbagai kunjungan ke sekolah-sekolah, Alhamdulillah apa yang kami lakukan disambut baik. Semua anak selalu antusias dan menyerbu mobil perpustakaan keliling yang datang untuk membaca buku yang mereka gemari,” tandasnya.

Selain berkunjung langsung ke sekolah, ungkap Yulia, pihaknya juga memberikan kesempatan bagi sekolah yang ingin memanfaatkan koleksi buku yang terdapat di Dispusip Kabupaten Benteng. “Kami juga bekerjasama dengan pihak sekolah untuk meminjamkan buku yang kami miliki. Dalam kurun waktu beberapa bulan, buku boleh dibawa ke sekolah agar bisa dimanfaatkan para siswa. Tujuannya adalah agar siswa bisa mendapat informasi tambahan dari apa yang disampaikan guru,” tandasnya.(135/krn)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*