Dispusip Dapat Mobil Perpusling

IST/BE
PERPUSLING : Kepala Dispusip Benteng, Dra Yulia Faridah MSi foto di depan mobil Perpusling yang merupakan hibah dari Perpusnas RI tahun 2020.

BENTENG, bengkuluekspress.com – Upaya Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispusip) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) untuk mendapatkan bantuan hibah mobil perpustakaan keliling (Perpusling) Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI membuahkan hasil. Satu unit mobil Perpusling saat ini telah tiba di Bumi Maroba Kite Maju dan siap untuk beroperasi.

“Hari ini (kemarin,red), mobil bantuan dari Perpusnas telah tiba di Kabupaten Benteng,” ungkap Kepala Dispusip Benteng, Dra Yulia Faridah MSi, melalui Kabid Deposit, Layanan, Pengembangan Koleksi dan Pelestarian, Yosi Eskamarina SSTP MSi, kemarin.

Sebelumnya, usulan disampaikan dengan syarat-syarat yang diminta oleh Perpunas. Diantaranya, dokumentasi kendaraan yang ada saat ini serta laporan kegiatan perpustakaan keliling setiap bulannya. Informasi yang diperoleh, bantuan mobil tersebut merupakan pengadaan Perpusnas yang bersumber dari dana aspirasi anggota DPR RI. Tujuannya untuk memajukan dunia pendidikan dan mencerdaskan generasi muda penerus bangsa.

“Dengan adanya kendaraan operasional layanan keliling, kami bisa mendatangi langsung sekolah-sekolah. Tujuannya adalah untuk meningkatkan minat dan kegemaran pelajar dalam membaca buku,” tambahnya.

Sejauh ini, ungkapnya, Dispusip telah memiliki 2 (dua) unit mobil Perpusling. Akan tetapi, 1 unit dalam kondisi kurang baik. Sudah banyak mengalami kerusakan. Mobil hasil pengadaan tahun 2010 tersebut tak lagi mampu menjangkau sekolah yang berada di daerah sulit. “Alhamdulillah, mobil bantuan yang baru kami terima dilengkapi dengan 500 eksemplar buku yang berasal dari 250 judul, 1 unit genset, 1 unit USP, 2 unit tablet, TV 32 inci, rak dan lain-lain,” demikian Yosi.(135)