Dispora Seleksi Atlet Pelajar

REWA/Bengkulu Ekspress
Puluhan atlet pelajar mengikuti seleksi penerimaan atlet PPLP di gedung PPLP Bumi Ayu, Kota Bengkulu, kemarin (11/12).

BENGKULU, Bengkulu Ekspress– Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Bengkulu menyeleksi atlet pelajar yang akan masuk ke Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) di gedung PPLP Provinsi Bengkulu, Selasa (11/12).

Tim Perekrutan Atlet PPLP, Tono Suhartono mengatakan, pelaksanaan seleksi atlet pelajar ini dilaksanakan selama sehari yang diikuti sebanyak 36 peserta dari lima cabang olahraga (cabor) yaitu karate, tinju, atletik, gulat, dan angkat besi.

Seleksi ini mendapat respon yang cukup tinggi dari para peserta kota/kabupaten. Hal ini terlihat saat pelaksanaan tes fisik dan keterampilan yang dilakukan di masing-masing cabor dilaksanakan. “Peserta yang mengikuti seleksi ini begitu antusias,” kata Tono.



Selain itu, jumlah peserta yang mengikuti seleksi ini juga cukup banyak. Padahal kuota atlet pelajar yang akan diterima masuk dalam PPLP Bengkulu di masing-masing berbeda-beda, sesuai dengan kebutuhan di masing-masing cabor.  “Wajar kalau antusiasnya tinggi, soalnya kuotanya terbatas,” terang Tono.

Ia mengaku, seleksi atlet PPLP ini dilakukan untuk mengganti atlet PPLP yang sudah selesai masa studinya di SMA. Selain itu, seleksi pun dilakukan untuk mengganti atlet pelajar yang dinilai tidak mengalami perkembangan dan melakukan tindakan indisipliner selama berada dalam kamp PPLP Bengkulu.

“Ini adalah seleksi yang digelar oleh Dispora Provinsi Bengkulu, semoga dengan digelarnya seleksi ini akan didapat atlet pelajar berprestasi yang siap membawa harum nama Bengkulu di tingkat nasional dan internasional,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Bengkulu, H Meri Sasdi MPd melalui Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga, Drs Roslian MM menjelaskan, 10 hingga 11 Desember 2018 lalu telah melaksanakan seleksi atlet keberbakatan 2018. Mereka yang lulus seleksi akan menjalani pemusatan pelatihan sekaligus pendidikan di PPLP.

“Peserta seleksinya kami minta dari seluruh kabupaten/kota. Jadi, direkomendasikan oleh Dispora masing-masing bekerja sama dengan pengcab,” jelas Roslian.

Adapun atlet yang diseleksi itu berasal dari lima cabang olahraga, yakni angkat besi, atletik, karate, tinju, dan gulat. Bagi atlet angkat besi dipersyaratkan kelahiran 2003 dan memiliki tinggi badan maksimal 155 cm (putra) dan maksimal 150 cm bagi atlet putri.

Sementara itu, untuk cabor atletik syaratnya kelahiran 2004, putra dan putri dengan minimal tinggi badan 160 cm. Serta untuk tinju, putra minimal 160 cm berat badan 55 kg, putri 155 cm dengan berat badan 50 kg tahun kelahiran 2005.

Gulat minimal berat badan minimal 38 kg. Sedangkan karate hanya mempersyaratkan maksimal kelahiran 2004. “Semoga atlet terbaik bisa berhasil pada seleksi itu dan bisa meningkatkan prestasi olahraga di Bengkulu,” tutupnya.(999)