Dispora Provinsi Gelar Olahraga Tradisional

RIO/Bengkulu Ekspress
SAMBUT KEMERDEKAAN: Para ASN di lingkungan Pemprov Bengkulu mengikuti berbagai perlombaan olahraga tradisional di lapangan

Meriahkan HUT RI ke-73

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Memeriahkan HUT RI ke-73 tahun 2018 ini, Pemerintah Provinsi Bengkulu melalui Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Bengkulu menggelar sejumlah lomba olahraga tradisional. Kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan olahraga-olahraga tradisional serta untuk meningkatkan kebugaran masyarakat melalui olahraga.

Kepala Dispora Provinsi Bengkulu, H Meri Sasdi MPd mengatakan, Dispora Provinsi Bengkulu mengelar beberapa perlombaan dan pertandingan di cabang olahraga tradisional, diantaranya tarik tambang putra dan puteri, dagongan, lomba lari karung dan terompah panjang.

“Peserta yang mengikuti olahraga tradisional ini sebanyak 955 yang merupakan ASN OPD, TNI dan Polri di Provinsi Bengkulu,” kata Meri Sasdi, kemarin (15/8).

Ia mengaku, pada 2017 lalu peserta yang mengikuti lomba olahraga tradisional ini hanya 200 orang. Tetapi tahun ini meningkat signifikan, bahkan banyak Organisasi Perangkat Daerah (OPD) juga ikut ambil bagian dalam kegiatan ini.

“Tahun lalu hanya 200 orang dari 6 atau 7 OPD, tahun ini ada 25 OPD ditambah TNI dan Polri,” jelas Meri.

Antusiasme para peserta tahun 2018 ini sangat tinggi. Dirinya berharap kepada para peserta masing-masing cabang olahraga yang mendapatkan juara I, II dan III akan mendapatkan hadiah dari Bank Bengkulu.”Ada juga souvenir berupa power bank yang nantinya akan diberikan kepada pemenang,” jelas Meri.

Pihaknya berharap hadiah event olahraga tradisional dapat meningkatkan semangat dan antusias peserta dalam pembinaan olahraga tradisional. Karena olahraga tradisional selalu menerapkan prinsip 5 M (Mudah, Meriah, Murah, Menarik dan Manfaat). “Semoga kecintaan kita semakin tinggi dan menghasilkan prestasi juara di tingkat nasional,” harap Meri.

Meri menilai, prestasi Provinsi Bengkulu di bidang olahraga tradisional bisa dikatakan cukup baik. Bahkan, pada kejuaraan nasional dalam event olahraga tradisional 2018 di Provinsi Bengkulu meraih prestasi sebagai juara 3. “Alhamdulilah, Semoga Provinsi Bengkulu akan meraih prestasi lebih tinggi lagi pada perlombaan di 2019 yang akan datang,” tutup Meri.(999/krn)