Dispertan Siapkan 10.000 Bibit Gratis

Bengkulu
ARY/Bengkulu Ekspress. Jalan Suprapto Curup yang mengalami kerusakan dan akan dilakukan perbaikan tahun 2017 ini dengan menelan anggaran Rp 5,1 M yang bersumber dari APBD Provinsi Bengkulu

CURUP, Bengkulu Ekspress – Setelah sebelumnya membagikan 50 dus bibit bayam dan buncis kepada sejumlah kelompok tani yang ada di Rejang Lebong. Saat ini Dinas Pertanian dan Perikanan (Dispertan) Kabupaten Rejang Lebong telah menyiapkan 10 ribu polybag bibit.

“Saat ini sudah ada sekitar 10 ribu polybag bibit yang kita siapkan,” ungkap Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Rejang Lebong, Akhmad Rifai SP.

Menurut Rifai, 10 ribu bibit gratis yang disiapkan tersebut adalah jenis buah-buahan. Jenis bibit tersebut antara lain, manggis, durian, pokat, sirsak dan Mangga. Dimana menurutnya bibit-bibit tersebut merupakan pengembangan yang dilakukan sendiri oleh Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Rejang Lebong di Balai Benih Induk (BBI) yang ada di Desa Pal 8 Bermani Ulu Raya (BUR). Menurut Rifai bibit induk yang dikembangkan tersebut, adalah bibit induk yang didatangka Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Rejang Lebong dari Solok Sumatera Barat beberapa waktu lalu.

“Bibit yang kita siapkan ini, adalah bibit hasil pengembangan dari bibit induk yang kita ambil dari solok beberapa waktu lalu,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Rifai menjelaskan, dalam pengembangan bibit ini, Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Rejang Lebong melakukannya dengan sistem okulasi, yaitu dengan cara menempelkan sepotong kulit pohon yg bermata tunas dari batang atas pada suatu irisan dari kulit pohon lain dari batang bawah sehingga tumbuh bersatu menjadi tanaman yang baru.

“Kita menggunakan sistem okulasi, karena memiliki beberapa keunggulan, yaitu tidak memiliki batasan selagi kita memiliki batang bawah,” paparnya.

Namun menurut Rifai, sisi lainnya dari sistem okulasi ini adalah membutuhkan waktu yang cukup lama, meskipun nanti bibit yang dihasilkan berkulitas super apalgi induk bibit yang kita besarkan di BBI Pal 8 ini merupakan bibit kulitas terbaik.

Dalam kesempatan tersebut, Rifai kembali menegaskan, dalam pembagian bibit gratis ini tidak bisa dilakukan kepada individu namun harus diberikan kepada kelompok tani yang ada di Rejang Lebong, karena menurutnya pembagian bantuan harus melalui kelompok tani ini sudah menjadi peraturan dari pemerintah pusat, oleh karena itu, bagi petani yang belum memiliki kelompok tani dan menginginkan bantuan bibit ini untuk segera membentuk kelompok tani, sehingga nanti tida ada lagi alasan Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Rejang Lebong untuk tidak memberikan bantuan bibit.

“Pembagian bibit ini harus melalui kelompok tani, oleh karena itu bagi yang belum memiliki kelompok tani segera bergabung dengan kelompok yang sudah ada atau membentuk kelompok tani baru, karena pembagian bibit gratis ini akan kita lakukan secara berkelanjutan,” demikian Rifai.(251)