Dispertan BS Pastikan Daging Layak Konsumsi

CEK: Kabid Peternakan Dinas Pertanian BS saat mengecek daging di Pasar Ampera.

KOTA MANNA, bengkuluekspress.com – Untuk memastikan daging yang akan dikonsumsi warga layak konsumsi saat makan sahur atau berbuka, Dinas Pertanian Bengkulu Selatan (BS) memantau penjualan daging di pasar-pasar di BS. Dari hasil pantauan di lapangan, semua daging layak konsumsi.

“Hasil pantauan kami di lapangan, semua daging yang dijual di pasar layak konsumsi,” kata Kepala Dinas Pertanian BS, Ir Silustero MM melalui Kabid Peternakan, Okty Feriyenni SPi MM.

Dikatakan Okty, dari pengecekan di lapangan mulai Senin (12/4) hingga Selasa (13/4) pagi, ada 74 ternak yang disembelih yang terpantau pihaknya. Rinciannya 44 sapi dan 50 kerbau. Dari pantauan tersebut, pihaknya hanya menemukan cacing pada hati kerbau. Namun demikian tidak membahayakan kesehatan bagi warga yang mengkonsumsinya. Sebab cacing tersebut sering ditemukan pada kerbau yang berada di daerah rawa.

“Semua daging masih segar,” imbuhnya.

Dijelaskan Okty, pihaknya akan terus memantau penjualan gading di pasar. Hal itu untuk memastikan daging yang beredar layak konsumsi dan tidak mengandung bibit penyakit. Oleh karena itu, dirinya mengimbau jika ada daging tidak layak konsumsi beredar di masyarakat, agar segera menyampaikannya ke pihaknya. Sehingga daging bisa segera ditarik sebelum beredar. Sebab, jika terkonsumsi oleh warga saat sahur atau berbuka, bisa mengganggu warga untuk melaksanakan ibadah puasa dan ibadah lainnya.

“Kami akan rutin mengawasi penjualan daging untuk mengantisipasi agar daging tidak layak konsumsi tidak beredar di BS,” terang Okty. (369)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*