Disperindagkop Segera Razia Timbangan Pedagang

TAIS, Bengkulu Ekspress – Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Perindagkop dan UKM) Kabupaten Seluma, sebentar lagi melakukan razia terhadap seluruh timbangan yang digunakan pedagang di pasar untuk berjualan. Pasalnya, saat ini Dinas Perindagkop dan UKM sudah menerima kendaraan operasional dilengkapi peralatan ukur timbangan (Tera) dari Dirjen Metrologi Kementerian Perdagangan. Kendaraan ini memudahkan Dinas Perindagkop dan UKM melalukan tera ulang terhadap seluruh timbangan yang dipakai pedagang di Kabupaten Seluma.

Kepala Dinas Perindagkop dan UKM Seluma Mulyadi Joyo Martono SSos MM mengatakan, bantuan tersebut berupa satu unit kendaraan, serta dua sepeda motor lapangan. “Jadi kami sudah memiliki kendaraan dari Dirjen Metrologi dan sudah dilengkapi dengan fasilitas untuk tera ulang seluruh timbangan. Jadi kami segera turun ke lapangan dalam waktu dekat ini,” tegasnya

Selama ini Dinas Perindagkop dan UKM Seluma, terkendala masalah alat sehingga belum bisa mengukur semua timbangan yang digunakan pedagang di lapangan. Termasuk juga timbangan yang dipakai SPBU di Kabupaten Seluma.



“Untuk menertibkan para pedagang, serta memastikan timbangan yang mereka gunakan masih akurat. Karena, timbangan yang biasanya sudah lama tingkat keakuratannya berkurang. Jadi harus ganti timbangan yang baru agar pembeli tidak dirugikan,” tuturnya.

Pasar yang direncanakan dirazia mulai dari Pasar yang ada di Kecamatan Sukaraja sampai di Kecamatan Semidang Alas Maras. Jika ada timbangan pedagang yang tidak sesuai diminta diganti dengan timbangan baru.

“Kami sedang menyusun jadwal untuk memeriksa ke pasar. Termasuk nanti pasar induk di Kelurahan Sembayat,” tegasnya.

Sedangkan, untuk SPBU, Kadis Perindagkop dan UKM bakal memeriksa SPBU Lubuk Sahung di Kecamatan Sukaraja, SPBU Kota Tais, dan SPBU di Desa Sendawar Kecamatan Semidang Alas Maras (SAM). Pemeriksaan di SPBU juga dilakukan untuk memastikan takaran yang digunakan akurat. (333)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*