Disperindagkop Bangun 4 Pasar

Foto : Sri Yurdaniah SE MSi

BENGKULU TENGAH, Bengkulu Ekspress – Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi (Disperindagkop) dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) akan membangun 4 unit pasar tradisional. Sekretaris Disperindagkop dan UKM Kabupaten Bengkulu tengah, Hj Sri Yurdaniah SE MSi menerangkan, pembangunan pasar dilakukan dengan menggunakan kucuran dana alokasi khusus (DAK) fisik tahun anggaran (TA) 2019.

“Total DAK 2019 fisik pada Disperindagkop dan UKM Kabupaten Benteng senilai Rp 2,9 miliar.

Dana tersebut akan dialokasikan untuk pembangunan pasar tradisional,” kata Sri.Lebih lanjut, Sri menyampaikan, pihaknya sudah menetapkan rencana pembangunan pasar. Yakni, di Desa Kertapati Kecamatan Pagar Jati, Desa Talang Tengah 2 Kecamatan Bang Haji, Desa Sidodadi Kecamatan Pondok Kelapa dan Desa Renah Semanek Kecamatan Karang Tinggi.

“Dari 4 pasar yang akan dibangun, hanya 1 unit pasar baru, yakni di Desa Renah Semanek. Sedangkan, 3 bangunan pasar lainnya merupakan revitalisasi terhadap bangunan pasar lama,” jelasnya.

Dengan anggaran yang tersedia, Sri menuturkan, pagu DAK akan dibagi secara merata ke setiap desa dengan masing-masing anggaran sekitar Rp 700 juta. “Tak semua dana digunakan untuk pembangunan fisik. Melainkan, juga disiapkan untuk anggaran perencanaan serta pengawasan proses pembangunan,” tutup Sri.(135)