Disperindag Siapkan Pasar Murah

SembakoTUBEI, Bengkulu Ekspress – Seperti tahun sebelumnya, di tahun 2017 ini Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM (Disperindagkop UKM) Kabupaten Lebong akan kembali melaksanakan kegiatan pasar murah. Rencananya kegiatan ini akan mulai dilaksanakan saat memasuki bulan Ramadhan jelang lebaran Idul Fitri.

Kepala Disperindagkop UKM Kabupaten Lebong, Drs. Achmad Ghozali menjelaskan, di pasar murah tersebut akan menjual kebutuhan bahan pokok seperti gula, minyak goreng, telur dan kebutuhan pokok lainnya dengan harga lebih murah dari harga di pasaran.

“Pemerintah melakukan subsidi sehingga harga kebutuhan pokok yang kita jual lebih murah dari harga di pasar. Misalnya harga minyak goreng yang dipasar dijual dengan harga Rp 13 ribu, maka di pasar murah dijual dengan harga sepuluh ribu,” ujar Ghozali.

Lebih jauh diungkapkannya, pasar murah ini nantinya akan dilakukan di 12 Kecamatan yang ada di Kabupaten Lebong. Namun, bagi Kecamatan yang memiliki jarak yang tak begitu jauh akan digabung. Misalnya seperti Kecamatan Lebong Atas dan Kecamatan Pelabai.

“Kegiatan ini sudah dianggarkan di APBD Kabupaten tahun 2017. Jumlah pastinya saya lupa tapi seperti ditahun lalu, itu dikisaran dua ratus juta,” kata Ghozali.

Dilanjutkannya, pasar murah diselenggarakan pemerintah dengan tujuan sebagai salah satu cara menekan harga kebutuhan pokok yang biasanya cendrung meningkat saat Ramadhan dan jelang lebaran Idul Fitri. Sehingga dapat meringankan beban masyarakat mengingat harga yang ditawarkan lebih murah dibandingkan dengan harga pasar.

“Apalagi harga yang diberikan lebih murah dari harga pasaran karena sifatnya subsidi,” singkat Ghozali.

Selain itu, memasuki bulan Ramadhan 2017 ini juga pihaknya akan melakukan sidak harga sembako dan lainnya di pasar Muara Aman. Hal ini untuk memastikan pasokan sembako di Kabupaten

Lebong aman dan tidak ada kenaikan harga yang cukup tinggi. “Mungkin mendekati puasa nanti kita turun ke pasar untuk memantau harga sembako dan bahan lainya, karena biasanya permintaan pasar akan meningkat jelang puasa,” pungkasnya.(777)