Disperindag Nilai 150 Koperasi

koperasi
Foto : IST

BENGKULU TENGAH, Bengkulu Ekspress – Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi (Disperindagkop) dan Usaha Kecil Menenga (UKM) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) secara rutin melakukan penilaian terhadap seluruh koperasi yang telah terdaftar. Sekretaris Disperindagkop dan UKM Kabupaten Benteng, Hj Sri Yurdaniah SE MSi menjelaskan, pihaknya sudah membentuk tim khusus untuk memberikan penilaian terhadap masing-masing koperasi. “Penilaian sudah dilakukan sejak awal tahun,” kata Sri.



Secara keseluruhan, terdapat sebanyak 180 koperasi yang telah berbadan hukum. Sayangnya, dari jumlah tersebut hanya ada sebanyak 150 koperasi yang masih aktif dalam menjalankan usaha mereka. “Ada sekitar 30 koperasi yang dikategorikan mati suri,” tambahnya. Lebih lanjut, Sri menuturkan, penilaian terhadap koperasi ini merupakan salah satu agenda rutin setiap tahun sebelum peringatan hari koperasi nasional (Harkopnas).

Banyak item yang menjadi pertimbangan tim penilai dalam menentukan koperasi terbaik. Mulai dari keaktifan dalam menyelenggarakan rapat anggota tahunan (RAT), neraca peningkatan sisa hasil usaha (SHU), volume usaha serta administrasi koperasi.

Untuk diketahui, pada tahun 2018 lalu Disperindagkop Kabupaten Benteng telah menetapkan 5 koperasi terbaik. Yakni, 2 koperasi yang memiliki aset di atas Rp 500 juta, yaitu KSU Rafflesia dan Koperasi Harapan Baru PT Bio serta 3 koperasi yang tercepat menyampaikan RAT. Yakni, koperasi BNT Sunda Kelapa, Koperasi Perempuan Mandiri Pekik Nyaring dan KSU Rafflesia. “Koperasi terbaik akan kami berikan reward atau penghargaan. Paling tidak piagam yang bisa memberikan motivasi,” demikian Sri.(135)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*