Disperindag Kota Minta Lurah Data Warga Miskin sebagai Calon Penerima Kartu Pelanggan Gas Bersubsidi

FOTO/ IST – Kadisperindag Kota Bengkulu, Dewi Dharma.

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Bengkulu meminta kepada setiap lurah di Kota Bengkulu untuk secepatnya melakukan pendataan terhadap warganya yang tidak mampu. Hal tersebut dilakukan agar bisa mendata masyarakat calon penerima kartu pelanggan gas elpiji 3 kg bersubsidi.

“Kita minta lurah melakukan pendataan dan verifikasinya karena mereka yang lebih mengetahui kondisi warganya. Oleh sebab itulah kita minta lurah atupun perangkat lainnya seperti RW maupun RT bisa segera mendata dan menyerahkannya ke Disperindag,” kata Kadisperindag, Dewi Dharma, Jumat (30/10).

Pembagian kartu pelanggan tujuannya lainnya untuk mensiasati kelangkaan gas 3 kg yang terjadi di setiap tahunnya karena penyaluran yang tak tepat sasaran. Untuk itu, untuk mengontrol pendistribusian, bagi warga yang berhak menggunakan gas melon harus membawa kartu pelanggan kepangkalan jika ingin dilayani.

“Nantinya yang berhak membeli gas 3 kg adalah warga yang memegang kartu tersebut, bagi warga yang tidak memang kartu tersebut dipastikan tidak akan bisa membeli gas 3 kg itu. Tapi jika masih ada juga ditemukan warga mampu yang tidak memegang kartu tersebut, kita bersama Pertamina tentunya akan memberikan tindakan tegas bagi pangkalan yang telah memberikannya,” jelas Dewi Dharma.

Hal tersebut senada dengan yang diucapkan Sales Branch Manager Pertamina Rayon 6 Lampung Bengkulu, Ferdi Fajrian Adicandra beberapa waktu lalu setelah menggelar hearing bersama DPRD Kota Bengkulu. Menurutnya hal tersebut akan mendapat dukungan dari pihak Pertamina agar penyaluran gas subsidi tepat sasaran.

“Ya kita bersinergi bersama pemerintah kota agar menghilangkan kelangkaan yang kerap terjadi. Nanti berdasarkan data warga miskin dari Pemkot, kita juga akan melakukan perhitungan jika nantinya ada penambahan kuota gas melon di tahun depan. Berdasarkan data ini nantinya, kita akan mendistribusikan gas melon yang mudah-mudahan tak kekurangan lagi untuk masyarakat,” jelas Ferdi. (Imn)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*