Dispendik Terima Data Peserta UASBN

llustrasi ujian akhir sekolah berstandar nasional (UASBN) tingkat SD
Ilustrasi ujian akhir sekolah berstandar nasional (UASBN) tingkat SD

TAIS, Bengkulu Ekspress – Menjelang pelaksanaan ujian akhir sekolah berstandar nasional (UASBN) tingkat SD yang akan diselenggarakan pada Mei mendatang. Sampai kemarin (18/1), dari 180 SD di Kabupaten Seluma, sudah 80 persen atau sekitar 150 SD sudah menyerahkan daftar peserta UASBN 2018 ke Bidang SD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispendik) Kabupaten Seluma.

“Seluruh SD sudah kami surati, kemudian paling lambat kami minta akhir Januari ini seluruh daftar peserta sudah masuk,” tegas Kepala Dinas Pendidikan Muksir Ibrahim S.Pd didampingi Kasi Kurikulum dan Kesiswaan Zesman Bajuri S.Pd kepada Bengkulu Ekspress kemarin (18/1).

Data peserta UASBN dari sekolah itu nantinya disampaikan kepada panitia Ujian Nasional (UN) Provinsi Bengkulu dan panitia pusat sebagai laporan. Untuk sementara ini peserta UASBN tingkat SD berjumlah 3.892 murid SD. Jumlah ini jika memang tidak ada perubahan, serta sama seperti 2017, namun bisa saja berubah, jika ada siswa yang drop out (DO) atau tidak melanjutkan sekolahnya lagi.

“Untuk mata pelajaran yang diujikan, yakni matematika, bahasa Indonesia, dan ilmu pengetahuan alam (IPA),” katanya.

Mengenai tambahan belajar di luar jam sekolah, Zesman mengatakan, Bidang SD tidak mengharuskan dan tidak melarang. Pelaksanaannya tergantung sekolah masing-masing. Jika memang disepakati maka diperbolehkan. Karena yang terpenting seluruh murid SD bisa mendapatkan nilai yang memuaskan. (333)