Dispendik Janjikan Hadiah Juara Robot

CURUP, BE – Keberhasilan tim robotik SMPIT Khoirul Ummah menjuarai salah satu kategori pada International Islamic School Robot Olympiad (IISRO) 2014, mendapat apresiasi dari Dinas Pendidikan (Dispendik) Rejang Lebong (RL). Kepala Dispendik RL, Zakaria Effendi MPd menjanjikan hadiah bagi sekolah dan anak berprestasi tersebut.
“Kalau masalah reward pasti akan kita berikan. Namun kita belum bisa memastikan dalam bentuk apa dan berapa nilainya,” ungkap Zakaria Effendi MPd.
Selain belum jelas, kata Zakaria, waktu pemberian reward tersebut akan dilakukan dalam waktu dekat. Menurutnya, penghargaan tersebut perlu diberikan. Karena selain telah mengharumkan nama baik RL. Keberhasilan SMPIT Khoirul Ummah juga sebagai motivasi untuk sekolah-sekolah lain untuk meraih prestasi yang serupa.
“Dengan adanya reward ini diharapkan bisa memotivasi sekolah-sekolah lain sehingga bisa meraih prestasi yang serupa bahkan lebih,” tambah Zakaria.
Dirilis sebelumnya, prestasi membanggakan tersebut yakni kompetisi yang digelar di Johor Baru, Malaysia. Tim dengan nama ‘Roboku’ itu berhasil menorehkan prestasi dengan meraih mendali emas dari kategori low cost robot.
Robot diciptakan siswa kelas VII SMP tersebut, sebagai mesin pembersih karpet. Tim Robotik dari RL itu berhak mendapat mendali emas setelah berhasil menyisihkan peserta dari berbagai negara yang ada di kawasan Asia Tenggara. Robot yang diciptakan tim Roboku dinilai tim juri bisa bekerja dengan maksimal dengan modal untuk membuatnya hanya sekitar Rp 50 ribu.
Sementara itu, peserta lainnya modalnya bisa mencapai Rp 500 ribu. Tim Roboku SMP IT Khoirul Ummah terdiri dari empat orang masing-masing adalah Ipangga Hulian (12) sebagai ketua tim kemudian M Farhan (12), M Harits Nasri (12) dan Habib Alfarizi (12). (251)