Disparpora Seleksi Capaskibra Nasional

LAKSANAKAN: Disparpora Kabupaten Lebong ketika melaksanakan pra seleksi capaskibra untuk tingkat nasional.

LEBONG, Bengkulu Ekspress – Dalam waktu dekat, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Lebong segera akan melaksanakan perekrutan calon pasukan Pengibar Bendera (Capaskibra) yang akan mengikuti seleksi di tingkat nasional.

Kepala Dinas Disparpra Kabupaten Lebong, Ir Eddy Ramlan MSi, mengatakan untuk persiapan pelaksanaan seleksi hari ini (11/03) pihaknya akan melakukan rapat untuk pembentukan tim seleksi yang akan turun kesetiap sekolah untuk melakukan seleksi.“Setelah terbentuk secepatnya kita akan langsung melakukan seleksi,” jelasnya, selasa(01/03).

Hal ini dikarenakan panita seleksi Provinsi menunggu nama-nama calon yang akan mengikuti tes seleksi tertanggal 23 Maret 2020 ini. Untuk itulah nama calon-calon yang akan dikirim untuk mengikuti seleksi akan disampaikan sebelum tanggal 23 Maret ini.

“Kita akan mencari sebanyak mungkin untuk dikirim mengikuti seleksi,” sampainya

Dalam seleksi yang dilakukan yang paling utama dicari adalah para calon yang memiliki tinggi sesuai kreteria yaitu untuk laki-laki minimal 170 centimeter (CM) dan maksimal 180 CM).

Sementara untuk perempuan dengan tinggi minimal 167 Cm dan tinggi 175 CM.“Itu yang utama, ditambah dengan tubuh sehat dn professional,” ujarnya

Sebelumnya untuk menargetkan anggota paskibraka dari Kabupaten Lebong bisa tembus untuk tingkat Nasional,pihaknya bersama tim pelatih telah melakukan pra seleksi dengan langsung turun ksetiap Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan (SMA dan SMK sederajat) untuk mencari kreteria yang dipersayarakatkan untuk mengikuti seleksi tingakt nasional.“ Selain itu kita juga akan langsung melakukan seleksi untuk tingkat Provinsi dan Kabupaten,” ujarnya.

Memang selama ini, Kabupaten Lebong belum pernah mampu mengirimkan anggota Paskibaranya untuk tembus tingkat Nasional. Terbaik di tahun 2019 yang lalu dimana sebanyak 6 orang yang dikirim mampu menembus untuk tingkat Provinsi Bengkulu.

“Untuk itulah kita akan berusaha agar kita bisa mampu menembus Nasional,” harapnya

Dimana dalam seleksi yang akan dilakukan setidaknya akan dipilih sebanyak 38 orang capaskibra, dimana dari jumlah tersebut akan dikirim untuk mengikuti seleksi untuk tingkat Nasional dan Provinsi, sementara sisahnya akan bertugas di tingkat Kabupaten.“Untuk tahun inikita harus optimis mampu menembus nasional,” tutupnya.(614)