Disparpora Pelopori Pembentukan Pokdarwis


BUDI/Bengkulu Ekspress PELOPORI: Disparpora Mukomuko pelopori pembentukan Pokdarwis di daerah tersebut.

MUKOMUKO, Bengkulu Ekspress – Kabupaten Mukomuko memiliki potensi objek wisata yang banyak dan menarik. Mulai dari danau, air terjun, pantai dan lainnya. Untuk lebih mengenalkan dan mengembangkan potensi-potensi yang ada tersebut. Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Mukomuko mempelopori program Pembentukan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

Kepala Disparpora Kabupaten Mukomuko, Apriansyah menyampaikan, rencana pembentukan Pokdarwis dinilai penting. Sehingga masyarakat khususnya yang berada di sekitar objek wisata yang ada di desa/kelurahan dan kecamatan masing-masing dapat lebih berperan aktif. Mulai dari ikut menjaga kelestarian,kenyamanan dan lainnya. Termasuk menjaga sarana dan prasarana yang telah dibangun pemerintah.



“Hari ini (kemarin), kita undang sejumlah masyarakat khususnya di wilayah sejumlah objek wisata. Masyarakat tersebut akan dibentuk Pokdarwis,”ujarnya.

Pokdarwis, beranggotakan dari kalangan masyarakat khususnya yang berada atau berdomisili disekitar objek wisata.Contohnya objek wisata di Danau Nibung,Kecamatan Kota Mukomuko,Telaga Biru di Kecamatan Air Dikit, Batu Kumbang di Kecamatan Ipuh dan lainnya. Sementara itu, pemerintah daerah terus maksimal mendukung dan memaksimalkan dalam pengembangan objek-objek wisata yang ada di daerah ini. Karena potensi objek wisata yang ada, dan jikalau dikembangkan dengan baik. Maka akan berdampak positif dalam peningkatakan perekonomian masyarakat, termasuk Pendapatan Asli Daerah (PAD).

”Kita terus berupaya maksimal untuk melakukan penataan dan pengembangan objek wisata. Pokdarwis dibentuk, juga mengajak masyarakat lebih peduli dan pro aktif serta ikut berperan langsung untuk menjaga,mengawasi dan melestarikan objek-objek wisata yang ada di daerah ini,” ungkap Apriansyah.(900)