Disparpora Kepahiang Garap Wisata Bukit Hitam

KEPAHIANG, bengkulu ekspress.com – Secara perlahan Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Kepahiang akan mulai memanfaatkan wisata alam yang berlokasi di Bukit Hitam Kecamatan Kabawetan. Tahap awal Disparpora akan lebih dulu membuka jalan masuk menuju wisata Bukit Hitam tersebut. Tahap awal, pihaknya akan mengusulkan anggaran untuk pembangunan sarana dan prasarana di lokasi wisata tersebut.
Kepala Disparpora Kepahiang, Tedy Adeba ST mengatakan, tahap sosialisasi kepada masyarakat telah dijalankan pihaknya dan sejumlah BUMDes juga bersedia untuk melakukan pengelolaan. Dengan itupula gerakan nyata akan dilakukan Disparpora untuk mewujudkan pemanfaatan TWA Bukit Hitam.
“Tadi (kemarin, red) sosialisasi kedua telah kita lakukan, dengan itupula di tahun 2020 paling tidak Disparpora Kepahiang sudah bisa melakukan pembukaan jalan masuknya. Sehingga secara berlahan ke depan sejumlah fasilitas bisa dilengkapi,” kata Tedy.

Bila pembukaan jalan sudah terlihat, sambungnya, masyarakat Kepahiang sudah bisa berkunjung untuk melihat secara langsung keindahan TWA bukit kaba. Untuk tahap awal dengan mempertimbangan belum adanya fasilitas kemungkinan masyarakat yang akan melihat ke dalam masih akan dibebaskan, hanya saja mematuhi protokol kesehatan. “Yang jelas gerakan nyata akan kita lakukan terlebih dahulu dengan cara membuka jalan masuk denga membuat gapura tradisional. Semoga saja rencana penggarapan TWA bukit kaba ke depan bisa terwujud untuk kemajuan Kabupaten Kepahiang. Di lokasi wisata bukit hitam potensi untuk mendatangkan pengunjung sangat baik. Karena adanya potensi air terjun dan sumber air panas serta sejumlah potensi lainnya” ungkap Tedy. (320)