Disparbud Terancam Turun Grade

Foto : Kepala Disparbud Benteng, Gunawan Wibisana

BENTENG, Bengkulu Ekspress – Wacana perubahan struktur pada organisasi perangkat daerah (OPD) lingkungan Pemerintah Daerah (Pemda) Benteng perlu dikaji secara matang. Jangan sampai, perubahan struktur membuat OPD mengalami penurunan grade atau tipe.

Salah satunya adalah rencana pemisahan Bidang Kebudayaan yang saat ini tergabung dalam Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Benteng. Perubahan Disparbud menjadi Dinas Pariwisata (Dispar) dikhawatirkan akan membuat grade Disparbud menurun. Dari yang saat ini tipe B menjadi tipe C.

“Saat ini, Disparbud terdiri dari tiga bidang. Meliputi, Bidang Pariwisata, Kebudayaan dan Ekonomi Kreatif. Jika Bidang Kebudayaan terpisah, maka Dispar akan menjadi OPD tipe C,” kata Kepala Disparbud Benteng, Gunawan Wibisana SSTP MH, kemarin (2/10).

Sebab itulah, Gunawan berharap agar Disparbud tetap utuh. Jika tetap bergabung bersama Bidang Pariwisata, pengembangan kebudayaan di Kabupaten Benteng akan semakin luas. Gunawan menuturkan, kebudayaan merupakan salah satu potensi daerah yang bisa dikembangkan seirama dengan program-program pariwisata.”Beberapa mitra kami, seperti Badan Musyawarah Adat (BMA) dan pelaku sanggar seni juga berharap ahgar kebudayaan tetap bersatu dengan bidang kebudayaan,” jelas Gunawan.



Terpisah, Ketua BMA Kabupaten Benteng, Drs Bj Karneli mengatakan, Dinas Pariwisata diibaratkan sebagai sebuah pasar yang tujuannya untuk mengembangkan seluruh potensi yang ada di Kabupaten Benteng.Dimulai dari potensi objek wisata dan nilai-nilai kebudayaan yang dimiliki suatu daerah.”Kebudayaan dan pariwisata merupakan satu paket yang jangan dipisahkan. Akan lebih baik jika tetap bersatu,” pungkas BJ Karneli.(135)a