Disparbud Kirim Seniman ke Thailand

Foto : Kabid Kebudayaan Disparbud, Selpa Nengsi SE

Promosikan Kebudayaan Daerah

BENGKULU TENGAH, Bengkulu Ekspress – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bengkulu tengah akan memberangkatkan seniman atau pelaku seni ke Thailand. Pelaksana tugas (Plt) Kepala Disparbud Kabupaten Bengkulu tengah, Gunawan Wibisana SH MH melalui Kabid Kebudayaan, Selpa Nengsi SE menuturkan, keberangkatan seniman terbaik di Kabupaten Bengkulu tengah akan dilakukan pada akhir bulan Maret 2019.

“Jika tak ada halangan, kami akan berangkatkan seniman terbaik di Kabupaten Bengkulu tengah ke Thailand pada tanggal 29 Maret 2019 nanti,” kata Selpa.

Dijelaskan dia, pengiriman seniman sengaja dilakukan sebagai salah satu bentuk promosi kebudayaan ke negara luar. Hal ini juga bertepatan dengan momentum The 4 Th KPRU International Yourt Cam di Kampheang Phet Rajabhat University pada tanggal 30 Maret sampai 3 April 2019.

“Kegiatan ini juga sudah kami persiapkan, yakni dalam rangka misi diplomasi budaya. Kami harap, seniman Bengkulu tengah bisa menampilkan karya terbaik yang dimiliki. Selain itu, kesempatan tersebut hendaknya juga dijadikan pembelajaran agar bisa menjadi lebih baik dengan melihat hasil karya seni negara luar,” papar Selpa.

Mendukung agar seniman tampil maksimal, Selpa menegaskan bahwa Disparbud telah melakukan seleksi terhadap seniman yang ada. Diantaranya, melalui lomba cipta lagu daerah, tarian daerah yang diikuti oleh para remaha serta atraksi dol anak-anak. “Secara keseluruhan, ada sekitar 15 orang seniman yang akan diberangkatkan serta 17 orang pelatih dan koordinator. Agar tampilan menjadi prima, kami sudah menggelar latihan kurang lebih sejak 2 minggu lalu,” demikian Selpa.(135)