Dispar Terima  DAK Rp 2,3 M

ARY/BE
Kawasan Danau Mas Harun Bastari di Kecamatan Selupu Rejang, untuk mempercantik kawasan DMHB, DAK pariwisata tahun difokuskan untuk membangun sarana dan prasarana DMHB.

CURUP, bengkuluekspress..com – Dalam melakukan pengembangan pariwisata di Kabupaten Rejang Lebong, pada tahun 2020 ini Dinas Pariwisata Kabupaten Rejang Lebong menerima Dana Alokasi Khusus (DAK) pariwisata sebesar Rp 2,3 miliar. Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Rejang Lebong, Drs Upik Zumratul Aini MSi mengungkapkan DAK Pariwisata yang diteria Dinas Pariwisata Kabupaten Rejang Lebong tersebut akan mereka gunakan baik untuk kegiatan fisik maupun non fisik.

” Dari DAK yang kita terima sebesar Rp 2,3 miliar, Rp 900 juta akan kita gunakan untuk kegiatan non fisik sedangkan untuk Rp 1,4 M akan kita gunakan untuk kegiatan fisik,” terang Upik.

Dijelaskan Upik, untuk kegiatan non fisik yang akan mereka lakukan tersebut salah satunya akan menggelar pelatihan paralayang. Pelatihan paralayang tersebut nantinya akan mengambil titik start di Kawasan Bukit Kaba. Dimana selain mendapat pelatihan nanti juga akan sepaket dengan peralatan untuk kegiatan paralayangnya. “Tim yang akan memberikan pelatihan sudah melakukan survei beberapa waktu lalu dan memang bisa dilakukan dari Bukit Kaba,” terangnya.

Upik berharap dengan adanya wisata paralayang di Kabupaten Rejang Lebong tersebut, maka ke depannya akan semakin banyak wisatawan yang berkunjung ke Rejang Lebong untuk menikmati wisata yang bisa menikmati keindahan Rejang Lebong khususnya kawasan Bukit Kaba dan Danau Mas Harun Bastari dari ketinggian.  Sementara itu, untuk kegiatan non fisiknya, menurut Upik kegiatan yang akan mereka lakukan yaitu melanjutkan penataan dan penambahan sarana dan prasarana di Kawasan Danau Mas Harun Bastari. Karena pembangunan sarana dan prasarana yang dilaksanakan ditahun 2019 kemarin masih kurang.”Untuk fisik ada sejumlah pembangunan lanjutan yang kita laksanakan di kawasan Danau Mas Harun Bastari seperti pembangunan tiga unit WC dan pengadaan lampu taman,” ungkap Upik.

Dengan adanya penataan lanjutan Kawasan DMHB ini, Upik berharap Danau Mas Harun Bastari yang selama kepemimpinan Bupati Rejang Lebong DR H A Hijazi SH MSi dan Wakil Bupati H Iqbal Bastari SPd MM sebagai pusat pengembangan pariwisata bisa semakin bagus dan nyaman serta aman, sehingga banyak wisatawan yang berkunjung ke Rejang Lebong.”Semakin banyak wisatawan yang berkunjung ke Rejang Lebong maka akan semakin meningkatkan perekonomian masyarakat kita,” demikian Upik. (251)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*