Dispar Rejang Lebong Dorong Pengembangan Air Terjun Tri Sakti

Ary/BE
Air Terjun Tri Sakti yang ada di Desa Belitar Seberang Kecamatan Sindang Kelingi yang diproyeksi akan menjadi objek wisata andalan Kabupaten Rejang Lebong bila dikembangkan secara maksimal.

 

CURUP,bengkuluekspress.com– Setelah melakukan survei langsung ke Air Terjun Tri Sakti yang ada di Desa Belitar Seberang Kecamatan Sindang Kelingi Kabupaten Rejang Lebong. Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Rejang Lebong akan mendorong pengembangan air terjun yang memiliki dua jenis air terjun, yaitu hangat dan dingin tersebut.
“Setelah kita melakukan survei langsung, dari sejumlah air terjun yang saya kunjungi ini memang benar-benar air terjun,” ungkap Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Rejang Lebong, Dra Upik Zumratul Aini MSi.

Bahkan menurut Upik, setelah melakukan survei belum lama ini, pihaknya langsung berkoodinasi dengan Dinas PUPRPKP Kabupaten Rejang Lebong terkait dengan pembangunan jalan menuju kawasan tersebut. Karena salah satu kendala untuk menuju air terjun yang air terjun utamanya memiliki ketinggan 84 meter tersebut adalah akses jalan. Dari koordinasi yang mereka lakukan dengan Dinas PUPRPKP Kabupaten Rejang Lebong tersebut, ternyata Dinas PUPRPKP Kabupaten Rejang Lebong memang sudah memprogramkan pembangunan jalan menuju air terjun tersebut pada tahun 2021. “Selain akses jalan, ada perlu penambahan fasilitas pendukung lainnya di kawasan Air Terjun Tri Sakti itu,” papar Upik.

Fasilitas pendukung yang dimaksud Upik, seperti shelter-shelter tempat istirahat saat menuju air terjun yang bara di lembah dengan kedalaman lebih dari 100 meter. Kondisi jalan menuju air terjun yang cukup curam tersebut, memerlukan shelter untuk tempat beristirahat para pengunjung.
“Bila ada shelter, maka pengunjung yang sudah tua pun bisa melihat air terjun ini karena ia bisa istirahat selama perjalanan menuju air terjun,” papar Upik.

Selain itu, dijelaskan Upik, untuk bisa mengundang banyak wisatawan berkunjung ke objek wisata tersebut, perlu adanya atraksi sehingga bisa menghibur wisatawan. Dimana untuk atraksi sendiri, pihaknya akan berkoordinasi dengan BUMDes yang mengelola Air Terjun Tri Sakti, yaitu dengan menampilkan kesenian-kesenian dan kearifan lokal yang ada di desa tersebut.
“Bila 3A sudah berjalan, yaitu Aset, Akses dan Atraksi di Air Terjun tersebut, maka Air Terjun Tri Muara Karang kedepannya akan menjadi objek wisata andalan Kabupaten Rejang Lebong,” terang Upik.(251)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*