Dispar, Gandeng Masyarakat Karang Jaya

ARY/Bengkulu Ekspress Danau Mas Harun Bastari

CURUP, Bengkulu Ekspress – Dalam pengembangan kawasan objek wisata Danau Mas Harun Bastari yang ada di Kecamatan Selup Rejang Lebong. Dinas Pariwisata Kabupaten Rejang Lebong akan menggandeng masyarakat Desa Karang Jaya. Digandengnya masyarakat Desa Karang Jaya, karena memang kawasan masuk dalam kawasan Desa Karang Jaya. Dengan digandenganya masyarakat desa setempat, maka menurut Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Rejang Lebong, Dra Upik Zumratul Aini MSi pengembangan pariwisata tersebut bisa memberikan dampak bagi masyarakat.

“Dalam pengembangan kawasan Danau Mas Harun Bastari, kita berencana akan menggandeng masyarakat Desa Karang Jaya yang ada di sekitar Danau Mas Harun Bastari,” sampainya.

Menurut Upik, jangan sampai nanti pengembangan objek wisata tersebut tidak memberikan dampak yang positif bagi perekonomian masyarakat setempat. Karena menurut Upik keberhasilan dari pengembangan objek wisata akan menjadi sia-sia bila tidak memberikan dampak positif bagi masyarakat. “Salah satu tujuan dari pengembangan objek wisata adalah untuk mensejahterakan masyarakat, jadi meskipun banyak yang datang namun tak mensejahterakan masyarakat setempat tentunya sangat disayangkan,” tambah Upik.



Dijelaskan Upik, dalam menggandeng masyarakat Desa Karang Jaya tersebut, Dinas Pariwisata Kabupaten Rejang Lebong berencana akan membangun taman bunga dikawsan Vila Bougenvile yang ada disalah satu sisi Danau Mas Harun Bastari. Dimana menurut Upik taman bunga tersebut pengelolaanya sepenuhnya akan diberikan kepada masyarakat Desa Karang Jaya. Namun untuk sistem kerja samanya seperti apa, Upik akan mereka bicarakan selanjutnya. Karena menurutnya yang terpenting saat ini adanya pelibatan masyarakat dalam pengembangan pariwisata yang ada di Kabupaten Rejang Lebong.

Dalam pelaksanaannya nanti, menurut Upik yang akan melakukan penanaman hingga merawat dan mengganti bunga yang sudah mati diserahkan sepenuhnya kepada masyarakat yang mengelola. Pengelolaan tersebut menurut Upik nantinya bisa melalui BUMDes Karang Jaya. “Untuk pola kerjasamanya nanti seperti apa, akan kita bahas nanti karena sekarang yang terpenting kita bisa memberdayakan masyarakat dalam pengembangan pariwisata, sehingga pengembangan pariwisata yang kita lakukan memberikan dampak positif bagi masyakat,” demikian Upik.(251)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*